by

WHO harap izin vaksin Pfizer, Moderna, AstraZeneca beberapa pekan lagi

Berita dikutip dari :

Jenewa (ANTARA) – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) berharap dapat memutuskan perihal izin penggunaan darurat vaksin COVID-19 buatan Pfizer, Moderna, dan AstraZeneca dalam beberapa pekan mendatang, menurut kepala ilmuwan pada Jumat (11/12).

Soumya Swaminathan mengatakan badan kesehatan global itu akan memutuskan nasib calon vaksin Pfizer dalam “beberapa pekan” ke depan. Selanjutnya, mereka juga akan meninjau calon vaksin produksi Moderna dan AstraZeneca.

Restu WHO akan memungkinkan pendistribusian sebuah vaksin di sejumlah negara, yang  badan pengawas obat nasionalnya belum dapat melakukan evaluasi.

Menurut Swaminathan, sedikitnya 10 perusahaan telah menyatakan minat atau mengajukan permintaan izin penggunaan darurat untuk calon vaksin.

Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan hampir satu miliar dosis vaksin telah diamankan untuk program COVAX, guna dibagikan kepada-negara negara miskin dan menengah. Ada 189 negara yang berpartisipasi dalam program tersebut.

Namun, sejumlah pejabat WHO mencatat bahwa masih dibutuhkan waktu untuk memproduksi dosis vaksin yang mencukupi permintaan.

Menurut Swaminathan, pasokan vaksin COVID-19 sepertinya akan terbatas untuk paruh pertama 2021.

Sumber: Reuters

Baca juga: WHO ingin setengah miliar dosis vaksin COVAX tersedia kuartal I 2021

Baca juga: WHO tinjau vaksin Pfizer untuk kemungkinan daftar penggunaan darurat

Baca juga: WHO, Rusia bahas daftar penggunaan darurat vaksin COVID Sputnik

 

BPOM: Butuh 3 bulan terbitkan izin vaksin COVID-19



Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2020



Source link

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *