by

Waspadai hujan sedang-lebat di Sulawesi, Bali hingga Papua

Berita dikutip dari :

Jakarta (ANTARA) – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan perlu mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat di beberapa wilayah Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT) hingga Papua pada 9 Desember 2020.

Berdasarkan data keluaran model numerik cuaca BMKG, Jakarta, Rabu, potensi hujan sedang hingga lebat diprediksi akan terjadi di sebagian wilayah Maluku, Papua dan Papua Barat.

Meski demikian, secara umum wilayah di Maluku dan Papua diperkirakan cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan.

Baca juga: BMKG: Waspadai potensi hujan dengan petir di Jakarta

Kemudian, sebagian wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT) juga diperkirakan berpotensi hujan sedang hingga lebat, tetapi secara umum cuaca di wilayah-wilayah tersebut diprediksi berawan hingga berpotensi hujan ringan.

Selanjutnya, BMKG juga memperkirakan potensi hujan sedang hingga lebat di sebagian Sulawesi Utara (Sulut), Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Sulawesi Selatan (Sulsel), dengan sebagian lainnya secara umum cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan.

Untuk cuaca di Pulau Kalimantan, BMKG memprediksi potensi hujan sedang di sebagian Kalimantan Barat (Kalbar) bagian barat, Kalimantan Tengah (Kaltim) dan Kalimantan Utara (Kaltara).

Namun demikian, secara umum cuaca di pulau itu diprediksi akan cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan.

Selanjutnya, Pulau Jawa secara umum juga cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan. Namun, sebagian wilayah di Banten, Jawa Barat (Jabar) bagian selatan, Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim) berpotensi hujan sedang.

Sementara itu, potensi hujan sedang di Pulau Sumatera diprediksi akan terjadi di sebagian Aceh, Sumatera Utara (Sumut), Sumatera Barat (Sumbar), Jambi bagian barat, Bengkulu, Sumatera Selatan (Sumsel), Kepulauan Bangka Belitung dan Lampung.

Sedangkan cuaca di sebagian besar wilayah lainnya secara umum diperkirakan cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan.

Baca juga: Saat Pilkada 2020, hujan berpotensi guyur sejumlah wilayah Jateng

Baca juga: Rentetan gempa sesar aktif Sumatera selama Desember fenomena wajar

Baca juga: BMKG: Waspada bencana hidrometeorologi jelang puncak musim hujan

Pewarta: Katriana
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020



Source link

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *