by

Wall Street menguat didorong vaksin, S&P 500 ditutup di atas 3.700

Berita dikutip dari :

New York (ANTARA) – Wall Street ditutup lebih tinggi pada perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB), dengan S&P dan Nasdaq mencetak rekor tertinggi, sebagian didorong sektor perawatan kesehatan pada berita vaksin COVID-19 yang positif, sementara ketidakpastian atas stimulus fiskal baru menahan kenaikan.

Indeks Dow Jones Industrial Average bertambah 104,09 poin atau 0,35 persen, menjadi berakhir di 30.173,88 poin. Indeks S&P 500 naik 10,29 poin atau 0,28 persen menjadi ditutup 3.702,25 poin, penutupan pertama di atas ambang batas 3.700 poin. Indeks Komposit Nasdaq terangkat 62,83 poin atau 0,50 persen menjadi berakhir di 12.582,77 poin.

Enam dari 11 sektor utama S&P 500 berakhir menguat, dengan energi dan perawatan kesehatan ditutup masing-masing meningkat 1,57 persen dan 0,73 persen, melampaui sektor lainnya. Real estate tergelincir 0,5 persen, merupakan kelompok dengan kinerja terburuk.

Johnson & Johnson naik 1,73 persen, membantu mengangkat Dow dan S&P 500 setelah perusahaan mengatakan dapat memperoleh hasil uji coba tahap akhir dari vaksin COVID-19 dosis tunggal yang dikembangkannya pada Januari, lebih awal dari yang diharapkan.

Baca juga: Wall Street dibuka lebih rendah karena terdampak lonjakan virus

Pfizer Inc melonjak 3,18 persen, setelah perusahaan melewati rintangan berikutnya dalam perlombaan untuk mendapatkan vaksin COVID-19 yang disetujui untuk penggunaan darurat, setelah regulator kesehatan AS merilis dokumen yang tidak meningkatkan masalah keamanan atau kemanjuran baru.

“Anda telah melihat dari posisi terendah terbaru akhir Oktober bahwa kami telah membaik selama minggu pertama Desember untuk mengantisipasi apa yang akan membuahkan hasil pada saat ini, yang sekarang dalam waktu dekat persetujuan vaksin dan sebagian dari distribusinya,” kata Bill Northey, direktur investasi senior di U.S. Bank Wealth Management di Minneapolis.

“Kami telah melihat banyak dari ini diperhitungkan dan ditarik ke depan dan sekarang ini semua tentang menyeimbangkan dorongan-tarikan dari kenyataan saat ini dari lingkungan ekonomi yang masih agak mati yang bergantung pada solusi kesehatan dan berada di jurang solusi kesehatan.”

Pemimpin Mayoritas Senat Mitch McConnell mengatakan anggota parlemen harus mengeluarkan paket bantuan yang mencakup langkah-langkah yang dapat mereka sepakati sambil mengecualikan ketentuan seperti perlindungan kewajiban untuk bisnis yang menyebabkan perpecahan.

Investor mengamati dengan cermat apakah pembuat kebijakan akan dapat mencapai kesepakatan tentang RUU bantuan virus corona yang telah lama ditunggu-tunggu dan RUU pengeluaran 1,4 triliun dolar AS, dengan Jumat (11/12/2020) dipandang sebagai tenggat waktu untuk menghindari penutupan pemerintah.

Baca juga: Wall Street bervariasi dengan Nasdaq ditutup di rekor tertinggi

Baca juga: Wall Street dibuka sebagian besar turun terimbas lonjakan COVID-19

Kongres AS minggu ini akan memberikan suara pada RUU pendanaan sementara satu minggu untuk memberikan lebih banyak waktu bagi anggota parlemen guna mencapai kesepakatan tentang pengeluaran dan bantuan pandemi.

Perkembangan positif terkait vaksin COVID-19 dalam beberapa pekan terakhir telah membantu investor mengatasi lonjakan infeksi dan mengantisipasi rebound ekonomi tahun depan.

Analis sekarang memperkirakan perhatian investor untuk secara bertahap beralih dari persetujuan vaksin ke distribusi global mereka dan kemungkinan efek samping yang mungkin terjadi.

Boeing Co merosot 0,67 persen setelah data perusahaan menunjukkan pembuat pesawat itu kehilangan 63 pesanan lagi untuk jet 737 MAX yang dibolehkan terbang lagi pada November.

Setelah menghabiskan bagian awal sesi di wilayah negatif, Tesla Inc berbalik arah dan berakhir 1,27 persen lebih tinggi setelah pembuat mobil listrik itu mengumumkan kenaikan modal lima miliar dolar, langkah kedua dalam tiga bulan.

Pengembang obat Moderna Inc melonjak 6,51 persen setelah Swiss meningkatkan pesanan yang dikonfirmasi untuk dosis vaksin COVID-19 menjadi 7,5 juta dari 4,5 juta.

Baca juga: Wall Street capai level tertinggi, Indeks Dow Jones naik 248,74 poin

Baca juga: Wall Street bervariasi, Nasdaq capai rekor tertinggi, S&P 500 jatuh

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020



Source link

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed