by

Verstappen kalahkan duet Mercedes untuk pole position GP Abu Dhabi

Berita dikutip dari :

Jakarta (ANTARA) – Pebalap tim Red Bull Max Verstappen meraih pole position pertamanya musim ini setelah tampil tercepat di babak kualifikasi balapan pemungkas Formula 1 di Abu Dhabi, Sabtu.

Valtteri Bottas akan start dari P2 untuk Mercedes setelah finis 0,025 detik dari catatan terbaik Verstappen.

Sedangkan juara dunia tujuh tahun Lewis Hamilton akan start P3 setelah absen satu balapan di Sakhir karena terjangkit COVID-19, demikian laman resmi Formula 1.

Baca juga: Bottas ungguli Hamilton untuk puncaki FP2 GP Abu Dhabi

Baca juga: Toro Rosso tetap diperkuat Kvyat dan Gasly musim depan
​​​​​​​


Duet Mercedes itu nyaris mengunci dua posisi start terdepan, namun upaya menit-menit terakhir Verstappen memperbaiki catatan waktunya menjadi satu menit 35,246 detik untuk merebut pole position ketiga dalam kariernya dan pertamanya tahun ini.

Hasil kualifikasi itu juga menjadi yang kedua kalinya bagi Mercedes gagal mengamankan pole position musim ini, dan kali pertama mobil non-Mercedes start terdepan, setelah Lance Stroll dengan mobil Racing Point bermesin Mercedes meraih pole di Turki.

“Sepanjang tahun ketika kalian berada ti belakang, semakin dekat dan terkadang sedikit frustasi,” kata Verstappen seperti dikutip Reuters.

“Sangat-sangat senang dengan hari ini.”

Lando Norris mengklaim hasil kualifikasi terbaiknya musim ini di P4 untuk McLaren. Sang pebalap Inggris bakal start di depan Alex Albon dari tim Red Bull dan rekan satu timnya di McLaren Carlos Sainz.

Posisi start ketujuh ditempati Daniil Kvyat dari tim AlphaTauri, yang mencetak waktu lebih baik dari Lance Stroll dari tim Racing Point, Charles Leclerc dari Ferrari, dan pebalap AlphaTauri lainnya Pierre Gasly, yang melengkapi posisi sepuluh besar.

Baca juga: Toro Rosso luncurkan STR14 untuk musim balapan 2019

Baca juga: Lagi tidak fit, Bos Ferrari lewatkan seri pemungkas musim di Abu Dhabi

Leclerc bakal mundur tiga posisi grid karena penalti menyusul insiden senggolan dengan Sergio Perez di GP Sakhir pekan lalu.

Sementara itu, Renault, yang bertarung dengan McLaren dan Racing Point untuk peringkat tiga konstruktor, harus kecewa setelah kedua pebalapnya tereliminasi di Q2.

Esteban Ocon hanya mampu mengamankan P11, sedangkan Daniel Ricciardo di P12.

Sebastian Vettel bakal mengawali balapan terakhirnya dengan Ferrari dari P13. Sang juara dunia empat kali asal Jerman itu bakal memperkuat Racing Point yang menjelma sebagai tim Aston Martin tahun depan.

Juara Grand Prix Sakhir Sergio Perez memilih tidak mencetak waktu di Q2 karena dia mendapat penalti posisi start paling belakang karena menggunakan komponen mesin baru yang melebihi alokasi dalam satu musim.

Baca juga: Hamilton, Vettel kritik purwarupa ban Pirelli untuk musim 2021

Baca juga: Vettel sebut Hamilton “pebalap terhebat di era kita”

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020



Source link

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *