by

Tuntut Transparansi Alokasi Dana BPDPKS, Demo Petani Sawit di KPK

Berita dikutip dari:

JawaPos.com – Para petani kelapa sawit yang tergabung dalam Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS) yang digunakan di depan Kementerian Keuangan dan KPK. Mereka menuntut transparansi dana subsidi dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) yang menurut mereka, tidak ada dialokasikan mestinya.

The, dana tersebut mungkin Rp 57, 72 triliun dari pungutan ekspor CPO sejak 2015 lalu. “Alih-alih untuk petani, malah dialokasikan untuk pihak-pihak yang sudah mapan mengontrol hulu dan hilir perkebunan sawit Indonesia,” ujar Kabid Organisasi SPKS Sabarudin dalam keterangan persnya, Kamis (22/4).

Ia merinci, dari total dana yang diperoleh BPDPKS, program peremajaan sawit hanya mendapat dana sekitar Rp5,3 triliun, sementara pengembangan SDM petani sawit hanya sekitar Rp 15 miliar.

“Padahal, pemerintah selalu mengklaim, program perkebunan rakyat sebagai prioritas. Namun, program sawit rakyat kalah penting dengan subsidi biodiesel yang hampir merogok kocek 90 persen dana sawit, ”katanya.

Sabarudin menambahkan, berdasarkan catatan SPKS, tidak ada bantuan spesifik yang diberikan kepada petani sawit selama masa pandemi. Malah, …

.
Berita lengkap klik
SOURCE LINK

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *