by

TPS unik diharapkan dongkrak partisipasi pemilih di Pilkada Jember

Berita dikutip dari :

Ada beberapa TPS unik untuk menarik simpati warga, agar datang menyalurkan hak pilihnya di TPS setempat

Jember, Jawa Timur (ANTARA) – Beberapa tempat pemungutan suara (TPS) unik yang dibuat oleh kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) diharapkan dapat mendongkrak partisipasi pemilih di Pilkada Jember 2020.

“Ada beberapa TPS unik untuk menarik simpati warga, agar datang menyalurkan hak pilihnya di TPS setempat,” kata Komisioner KPU Jember Andi Wasis usai memantau pelaksanaan pemungutan suara di Jember, Jawa Timur, Rabu.

Ia mengatakan petugas KPPS di TPS 25 Desa Tamansari, Kecamatan Wuluhan melakukan atraksi kuda lumping sebelum dilaksanakan pemungutan suara untuk menarik simpati masyarakat.

Tidak hanya itu, TPS 03 di Desa Mangaran, Kecamatan Ajung juga menghias TPS-nya dengan sepeda kuno dan aksesoris yang menarik, sehingga diharapkan warga berbondong-bondong datang untuk menyalurkan hak pilihnya.

“Kami sangat mengapresiasi petugas yang melakukan cara-cara unik untuk menarik simpati warga datang ke TPS, sehingga diharapkan partisipasi pemilih meningkat di Pilkada Jember,” tutur-nya.

Baca juga: 3 calon Bupati Jember salurkan hak pilihnya ditemani keluarga

Baca juga: 1,8 juta warga Jember tentukan kepala daerah

Hasil monitoring di TPS 28 Desa Ajung, lanjut dia, jumlah warga yang sudah menyalurkan hak pilihnya sudah mencapai 99 persen, sehingga diharapkan hal tersebut juga sama terjadi di TPS yang lain.

“Kami menargetkan angka partisipasi pemilih di Pilkada Jember sebesar 65 persen dan tidak seperti yang ditargetkan KPU pusat karena target tersebut berdasarkan realisasi pilkada sebelumnya,” ujarnya.

Ia berharap beberapa TPS unik dapat mendongkrak angka partisipasi pemilih dalam Pilkada Jember dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, sehingga target sebesar 65 persen dapat tercapai.

Pilkada Jember diikuti tiga pasangan calon yakni nomor urut 1 petahana Faida-Dwi Arya Nugraha Oktavianto (Faida-Vian) dari jalur perseorangan yang mendapatkan sebanyak 146.687 surat dukungan.

Kemudian nomor urut 2 pasangan Hendy Siswanto – Muhammad Balya Firjaun Barlaman (Hendy-Gus Firjaun) yang diusung oleh Partai NasDem, Gerindra, Demokrat, PPP, dan PKS dengan jumlah 28 kursi di DPRD Jember.

Nomor urut 3 pasangan Abdus Salam-Ifan Ariadna Wijaya (Salam-Ifan) yang diusung oleh PKB, PDI-P, Golkar, Perindo, PAN, dan Partai Berkarya dengan total 22 kursi DPRD Jember.

Baca juga: Menakar efektifitas kampanye debat publik di Pilkada Jember

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2020



Source link

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *