by

TPS di Kalsel siap terapkan protokol kesehatan

Berita dikutip dari :

pemilih yang sudah menyalurkan suaranya diminta segera pulang meninggalkan TPS

Banjarmasin (ANTARA) – Kapolda Kalimantan Selatan (Kalsel) Irjen Pol Rikwanto mengatakan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di provinsi itu telah siap menerapkan protokol kesehatan saat pencoblosan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Rabu (91/2).

“Malam ini kami monitoring beberapa TPS di Banjarmasin dan terlihat petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) sudah siap melaksanakan Pilkada aman dari COVID-19,” kata Irjen Pol Rikwanto, di Banjarmasin, Selasa malam.

Bersama Forkopimda Kalsel, Kapolda menyambangi lima lokasi TPS yaitu TPS 10 Jalan Sutoyo S, Banjarmasin Tengah, TPS 22 Jalan PHM Noor, Banjarmasin Barat, TPS 9 Jalan Pangeran, Banjarmasin Utara, TPS 12 Kelurahan Sungai Bilu, Banjarmasin Timur serta TPS 11 Jalan Bumi Mas Raya, Banjarmasin Selatan.

Rikwanto menuturkan petugas KPPS telah dilengkapi alat pelindung diri serta sejumlah peralatan lainnya yang diperlukan dalam pelaksanaan pemungutan suara di masa pandemi.

Kemudian antrean pemilih yang masuk ke TPS juga telah diatur sedemikian rupa sehingga tetap bisa menjaga jarak.

“Jadi bagi pemilih yang sudah menyalurkan suaranya diminta segera pulang meninggalkan TPS, jangan sampai terjadi kerumunan,” kata jenderal bintang dua itu.

Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Rikwanto bersmaa forkopimda monitoring ke beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Banjarmasin. (ANTARA/Firman)

Polda Kalsel mengerahkan sebanyak 1.438 personel untuk pengamanan Pilkada Serentak 2020. Jumlah personel ini menambah kekuatan Polres setempat yang wilayahnya menggelar Pilkada.

Ribuan personel itu disebar ke seluruh TPS, kantor penyelenggara pemilu dan sejumlah titik yang dinilai rawan di Bumi Lambung Mangkurat.

Untuk menambah pasukan pengamanan, disiagakan juga 199 personel Satuan Brimob Polda Kalsel dan dibantu oleh 200 personel Satuan Brimob Polda Kalimantan Tengah serta anggota TNI dari Korem 101/Antasari dan Kodim setempat.

Baca juga: KRI Mandau-621 jaga perairan Kalimantan Selatan selama Pilkada

Baca juga: Ahli: Petugas di TPS harus tegas ingatkan warga protokol kesehatan

Pewarta: Firman
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020



Source link

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *