by

TNI AL Ungkap Kronologi Hilang Kontak Kapal Selam KRI Nanggala-402

Berita dikutip dari:

JawaPos.com – TNI Angkatan Laut (AL) mengungkap kronologi hilang kontaknya KRI Nanggala-402 di Laut Bali. Melalui keterangan resminya, TNI AL melaporkan jika insiden insiden saat kapal sedang melaksanakan latihan penembakan Torpedo SUT di Laut Bali.

Pada Rabu (21/4) pukul 03.00 WIB KRI Nanggala-402 ijin menyelam ke Komandan gugus tugas penembakan (Danguspurla II). Sesuai prosedur selanjutnya kapal menyelam untuj melaksanakan penembakan.

“Namun setelah ijin diberikan, KRI NGL hilang kontak dan tidak bisa dihubungi lagi,” tulis TNI AL dalam keterangan resminya.

Selanjutnya dilaksanakan prosedur pencarian oleh unsur-unsur Satgas. Terdiri dari KRI REM, KRI GNR dan KRI DPN dengan menggunakan sonar aktif. Pencarian dipusatkan di sekitar menyelamnya KRI Nanggala-402 dengan menggunakan metode CORDON 2000 yrds, hasil nihil.

Karena kapal tak kunjung ditemukan, pukul 07.00 WIB dilaksanakan pengamatan udara dengan helikopter. Hasilnya ditemukan tumpahan minyak di posisi menyelam KRI Nanggala-402.

Pukul 14.00 WIB TNI AL memberangkatkan KRI Rigel dari Jakarta dan KRI Rengat untuk membantu pencarian menggunakan side scan sonar. Adapula 2 mobil chamber dikirim ke Banyuwangi, …

.
Berita lengkap klik
SOURCE LINK

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *