by

Timses Dawam-Azwar klaim menang Pilbup Lampung Timur versi quick count

Berita dikutip dari :

Jakarta (ANTARA) – Ketua tim sukses pasangan calon Bupati Lampung Timur, Dawam Rahardjo-Azwar Hadi, Noverisman Subing, mengklaim memenangi Pemilihan Bupati Lampung Timur versi hitung cepat (quick count) dari lembaga survei Rakata Institute.

Ia menambahkan, hasil survei tersebut tidak jauh berbeda dengan hasil hitung formulir hasil penghitungan suara (C1 plano) yang dilakukan timses Dawam-Azwar pada 2.020 tempat pemungutan suara (TPS) di Lampung Timur.

“Menyikapi ini tentu kami bersyukur, hasil quick count Rakata terbukti tidak jauh berbeda dari real count tim pemenangan,” kata Noverisman dalam pernyataan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Berdasarkan hasil perhitungan suara menggunakan model C1 Plano yang dilakukan tim pemenangan, kata Noverisman, menunjukkan selisih kemenangan sekitar 4 persen, lebih sedikit dari perhitungan Rakata (5,11 persen).

“Hasil real count kami berdasarkan C1 plano tidak jauh berbeda, selisihnya sekitar 4 persen, kalau Rakata kan 5 persen. Tapi tidak masalah karena masih masuk margin error,” ujar anggota DPRD Provinsi Lampung Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

Baca juga: KPU Lampung Timur tetapkan pasangan calon pada Pilkada 2020

Karena itu, Noverisman memastikan tidak ada pergeseran suara. Mengingat rekapitulasi secara daring yang dilakukan KPU Lampung Timur juga masih minim.

“Rekapitulasi KPU datanya masih di bawah 50 persen, meski hasil perhitungan KPU pun memenangkan pasangan nomor urut 3. Untuk itu saat ini tim sudah mengumpulkan seluruh C1 dan hasil rekapitulasi perhitungan di TPS, memastikan tidak ada pergeseran suara,” tegasnya.

Hasil hitung cepat situs resmi KPU Pilkada 2020.kpu.go.id yang dipantau di Lampung Timur, Rabu (9/12) petang pukul 23.22 WIB, pasangan Calon Bupati Lampung Timur nomor urut 3 Dawam Raharjo-Azwar Hadi memperoleh suara 41,4 persen.

Pasangan Calon Bupati Yusran Amirullah-Raden Benny Kisworo memperoleh 20.8 persen. Pasangan Calon Bupati Zaiful Bokhari-Sudibyo memperoleh 37,9 persen.

Progres 621 TPS dari 2.020 TPS (30,74 persen).

Begitu pun hasil hitung cepat Rakata Institute dilihat di akun youtubenya, pasangan Dawam-Azwar unggul 40,75 persen. Yusran Amirullah-Raden Benny Kisworo memperoleh suara 23,61 persen. Zaiful Bokhari-Sudibyo memperoleh suara 35,64 persen. Sampel suara yang masuk sudah 100 persen.

Baca juga: KPU Lampung Timur buka pendaftaran pasangan calon bupati-wakil bupati

Terpisah, Ketua KPU Lampung Timur Wsiyat Jarwo Asmoro meminta masyarakat menunggu hasil real count KPU yang sedang dilaksanakan berjenjang.

“Nanti hasil resminya dari KPU yang akan ditetapkan dari hasil perhitungan berjenjang dari TPS, PPK, KPU,” ujarnya.

Sementara itu, Manajer Riset Rakata Institute Yuli Harmoko menjelaskan bahwa proses hasil hitung cepat mereka memang menunjukkan keunggulan pasangan Dawam-Azwar tersebut.

“Keunggulan kemenangan paslon Dawam-Azwar sempat dipertanyakan. Tapi ternyata bisa lebih unggul. Dimana Yusran Amirullah-Benny Kisworo hanya menang di dua kecamatan, Zaiful Bokhari-Sudibyo unggul di tujuh kecamatan, dan Dawam-Azwar menang di 15 kecamatan. Dengan demikian, pasangan M Dawam Rahardjo-Azwar Hadi diprediksi akan memenangkan Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Lampung Timur 2020,” kata Yuli.

Baca juga: Chusnunia Chalim akan mundur dari DPR untuk ikut pilkada Lampung Timur

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2020



Source link

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *