by

Sulut ekspor komoditas perkebunan senilai Rp11,2 miliar

Berita dikutip dari :

Kegiatan ekspor ini juga berkaitan dengan peringatan Hari Perkebunan Nasional

Manado (ANTARA) – Kantor Karantina Pertanian Manado, Sulawesi Utara, melepas ekspor komoditas perkebunan ke sembilan negara senilai Rp11,2 miliar.

“Kegiatan ekspor ini juga berkaitan dengan peringatan Hari Perkebunan Nasional,” ujar Kepala Karantina Pertanian Manado Donni Muksydayan di Manado, Sabtu.

Baca juga: Mentan: Nilai ekspor pertanian Rp359,5 triliun selama COVID-19

Komoditas yang diekspor tersebut yaitu tepung kelapa 343,4 ton, santan kelapa 25 ton, dan biji pala 15 ton atau total 383,4 ton.

Sementara, sembilan negara tujuan ekspor yaitu Brasil, Selandia Baru, China, Georgia, Australia, Kanada, Vietnam, Belanda, dan Hungaria.

Donni mengatakan pelepasan ekspor hasil perkebunan tersebut langsung dilakukan Menteri Pertanian sekaligus Menteri Kelautan dan Perikanan ad interim Syahrul Yasin Limpo secara virtual pada Kamis (10/12/2020) lalu.

Selain dari Manado, Mentan Syahrul juga melakukan pelepasan ekspor komoditas perkebunan secara virtual dari berbagai pelabuhan laut dan bandar udara di 22 unit pelaksana teknis karantina pertanian di seluruh Indonesia.

Dari 22 pintu ekspor, empat di antaranya disaksikan secara virtual terhubung langsung dengan Menteri Pertanian yaitu Belawan, Pekanbaru, Manado dan Lampung, yang secara total ekspor komoditas perkebunan sebanyak 94,9 ribu ton dengan nilai Rp1,68 triliun.

Sementara ragam komoditas sebanyak 10 jenis seperti kelapa dan turunannya, karet, kopi, kakao dan pinang dengan 44 negara tujuan.

Donni juga mengatakan Menteri Syahrul, yang didampingi Gubernur Jawa Barat, Bupati Tanggerang, dan jajaran eselon Kementerian Pertanian, mengatakan kegiatan ekspor ini adalah bagian dari upaya optimalisasi berbagai produk sektor pertanian.

Menurut Menteri, Kementan terus mendorong akselerasi ekspor sektor pertanian ke beberapa negara sesuai arahan Presiden Joko Widodo untuk melakukan pemulihan ekonomi di tengah pandemi COVID-19.

Peringatan Hari Perkebunan Nasional 2020 tersebut mengambil tema “Optimalisasi Ekspor Perkebunan Dalam Upaya Pemulihan Ekonomi”.

Baca juga: Ekspor komoditas pertanian Lampung melonjak 6,7 persen

Baca juga: Eksportir Sumut berpartisipasi Rp3,29 triliun pada pelepasan ekspor

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020



Source link

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed