by

Subsektor Kuliner Beri Kontribusi Besar Saat Pandemi

Berita ini dikutip dari :

Subsektor kuliner memiliki peluang yang sangat besar untuk memajukan pariwisata.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan subsektor ekonomi kreatif kuliner menyumbang kontribusi pendapatan negara yang cukup tinggi. Kontribusinya mencapai 42 persen.


“Beberapa data kami menunjukan bahwa sektor pariwisata turun 80 persen dari segi devisa, dan lapangan kerja terkikis hampir 7 persen. Namun, kalau dilihat dari kontribusi ekonomi kreatif, Indonesia menempati 3 besar dunia dengan Rp 1.100 triliun, setelah Amerika Serikat dan Korea Selatan,” kata Menparekraf ditulis pada Selasa (14/9).


“Adapun utamanya adalah kuliner 42 persen, fesyen 18 persen, dan kriya sebesar 15 persen,” ujarnya menambahkan.


Lebih lanjut, Sandiaga mengatakan subsektor kuliner memiliki peluang yang sangat besar untuk memajukan industri pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia. Pemerintah melalui program “Indonesia Spices Up the World” pun digalakkan untuk mengglobalkan kuliner Indonesia yang kaya akan rempah dan cita rasa khas Nusantara.


“Sekarang kita harus mulai melakukan pendekatan Indonesia incorporated, China punya ‘One Belt One Road’, Indonesia punya Indonesia…


Untuk Info lebih lanjut klik link berikut:

Source link

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *