by

Senyum Rossi Ditinggalkan Crutchlow dan Dovizioso

Dkabari.com- Dua pembalap veteran, Cal Crutchlow dan Andrea Dovizioso, tidak akan mentas di MotoGP 2021, tinggalkan Valentino Rossi yang akan bertarung dengan rider-rider muda. Bagaimana hatimu, Rossi?
Mulai musim depan Valentino Rossi akan tergabung dengan team satelit Petronas Yamaha SRT. Tetap menjadi tanda pertanyaan bagaimana perform Rossi musim depan, apa lagi The Doctor alami musim yang jelek tahun ini dengan catatan selaku salah satu pembalap Yamaha yang duduk di luar 10 besar klassemen akhir MotoGP.

Seandainya masihlah ada Crutchlow dan Dovizioso, Rossi minimal tidak sendirian dengan status veteran. The Doctor tahun depannya akan berumur 42 tahun.

Crutchlow, berumur 35 tahun, memutus tergabung dengan Yamaha selaku tes pembalap. Sedang Dovizioso tentukan istirahat sesaat daripada tergabung dengan team satelit atau tes pembalap. Berikut yang disesali Valentino Rossi.

“Akhir profesi ialah suatu hal yang tidak begitu saya gemari, bila saya harus jujur,” kata Valentino Rossi sekalian tersenyum saat ditanyakan mengenai dua rekanan lama waktunya di MotoGP.

“Cal seorang rider superbike, tetapi ia selanjutnya mempunyai profesi yang mengagumkan di MotoGP. Saya mempunyai banyak masa lalu dengannya, kami bertanding di beberapa balapan. Saya ingat kemenangan pertama kalinya di Brno pada 2016, waktu (track) basah, saat ia menang dan saya finish ke-2 ,” ingat Rossi berkenaan Cal Crutchlow.

Berkaitan Dovizioso, ia keluar dari MotoGP sesudah jalani musim yang jauh dari memberikan kepuasan. Lagi jadi kompetitor juara dunia dalam 3 tahun berturut-turut, ia malahan tidak berdaya waktu Marc Marquez mangkir panjang. Rossi juga kenang kembali saat-saat lucu sampai persaingan seru bersama Dovizioso.

“Saya telah mengenali Dovi lama sekali. Kami telah sama-sama bertemu dengan minibike. Kami alami banyak pertempuran luar biasa, saya pikirkan Malaysia 2016, misalkan, saat ia menang saat sebelum saya, tetapi kami berusaha untuk semua balapan,” kata pria Italia ini.

Rossi sadar benar umurnya semakin menua. Dia kemungkinan tidak bisa merealisasikan mimpinya raih titel juara dunia yang kesepuluh. Dengan usia 42 tahun, pensiun lebih dekat dengannya daripada menjadi juara dunia.

Bukan tanpa ada alasan, ambil garis ke belakang, persisnya ke MotoGP Belanda pada musim 2017 jadi peristiwa akhir kali Rossi jadi juara. 3 tahun berakhir semenjak peristiwa manis itu, The Doctor semakin susah naik ke tribune paling atas bersamaan umur yang tetap makin bertambah. Malahan, semenjak kemenangan di Assen itu, Rossi terdaftar baru 10 kali naik tribune. Terhitung satu yang ia capai musim ini waktu finish ke-3 di MotoGP Andalusia.

Jarak umurnya dengan pembalap lain makin jauh. Yang paling sepantar dengan Rossi ialah Aleix Espargaro, itu juga ada jarak 10 tahun di antara mereka berdua.

“Saat ini bedanya bahkan juga semakin besar. Terjadi perombakan angkatan yang kuat dalam sekian tahun ini. Banyak rider sudah maju,” kata Rossi.

Bila waktunya pensiun kelak, Rossi dapat menggantung helm dengan penuh kebanggaan. Minimal ia pergi dengan tinggalkan peninggalan besar: beberapa pembalap muda penuh talenta, berbakat besar, dan telah bisa dibuktikan dapat mengikut tapak jejaknya. Peninggalan-warisan itu ialah anak didiknya di VR46 Academy yang sekarang telah wara-wiri di kelas Moto3, Moto2, dan MotoGP.

Menurut Rossi tidak cantik bila memberi komentar keputusan pensiun pembalap lain. Karena kepentingan stop dari balapan tidak selalu sebab fakta umur.

“Ya, saya lebih tua dari Dovizioso, Pedrosa atau Jorge (Lorenzo), misalkan, mereka ialah sisi dari angkatan muda. Tapi saya yakin jika tiap orang mempunyai cerita, motivasi, dan keinginan mereka sendiri. Umur hanya salah satunya factor, tetapi bukan salah satu. Ada beberapa hal yang penting diperhitungkan.”

“Saya suka sebab saya akan balapan tahun depannya. Kami mengharap kami dapat bersaing. Itu susah sebab rider muda makin kuat. Jadi ini rintangan besar – tetapi saya pengin cobanya, “keras Rossi.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *