by

Rekor Kemenangan Perempuan Tanah Jahanam di FFI 2020

[Dikutip_dari ]

Suara.com – Perempuan Tanah Jahanam berhasil memborong enam Piala Citra di Festival Film Indonesia 2020. Ini menjadi piala terbanyak yang diraih pada penghargaan film ke-40 tersebut.

Film dengan 1,7 juta penonton itu menyabet kategori bergengsi di antaranya Film Terbaik, Sutradara Terbaik oleh Joko Anwar serta Pemeran Pendukung Perempuan Terbaik yang diraih Christine Hakim.

Menyusul tiga piala lainnya adalah Penyunting Gambar Terbaik, Pengarah Sinematografi Terbaik serta Penata Suara Terbaik.

Selain piala terbanyak di FFI 2020, Perempuan Tanah Jahanam juga memecahkan rekor lain. Bahwa ini menjadi film horor pertama yang meraih penghargaan Film Terbaik FFI.

Baca Juga:
Daftar Lengkap Pemenang Festival Film Indonesia 2020

Joko Anwar [Suara.com/Sumarni]
Joko Anwar [Suara.com/Sumarni]

“Ini bentuk penghargaan tulus kepada sebuah karya dan mematah persepsi. Bahwa sebuah genre tertentu tidak bisa menjadi dianggap sebagai film, karya terbaik,” ujar produser Perempuan Tanah Jahanam, Shanty Harmayn dalam pidato kemenangannya di Plenary Hall, JCC, Jakarta Pusat pada Sabtu (5/12/2020).

Joko Anwar dalam pidatonya semalam di FFI 2020 juga terus memberikan semangat kepada sineas untuk bangkit di masa pandemi ini.

“Para sineas harus mau terus meningkatkan skill, produser mampu memilih proyek yang akan mendukung suistanable kemajuan Indonesia,” ujarnya.

Kepada penonton Indonesia pun, sang sutradara ini berharap tak ada lagi film bajakan yang ditonton. Semua itu demi mendukung semangatnya insan perfilman Tanag Air berkarya.

“Penonton film Indonesia nonton yang legal, jangan bajakan, kritikus film mampu membaca film, sehingga mereka mampu kalau tidak bisa mencerdaskan, paling tidak mencerahkan,” jelas Joko Anwar.

Baca Juga:
Ernest Prakasa Kalahkan Joko Anwar untuk Penulis Skenario Adaptasi Terbaik

“Hanya dengan kerja sama, kerja keras, dedikasi yang penuh, kecintaan, membuat film Indonesia derajatnya lebih tinggi di mata internasional dan di hati Indonesia,” ucap sang sutradara mengakhiri pidato kemenangannya.

Source by [di]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed