by

PSI minta Kemendikbud usut asal nama pendiri NU di Kamus Sejarah

Berita dikutip dari:

Jakarta (ANTARA) – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengusut pernyataan nama pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asy’ari di Kamus Sejarah Indonesia.

Ketua DPW PSI Jawa Timur M Teguh Cahyadin yang juga cucu dari pendiri Nahdlatul Ulama KH Wahab Chasbullah dalam tulisan tertulisnya di Jakarta, Kamis, menyesalkan kasus nama KH Hasyim Asy’ari dalam draf Kamus Sejarah yang disusun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Saya tahu, buku ini disusun pada tahun 2017, ketika Mas Menteri Nadiem belum menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, tepatnya pada masa Pak Muhadjir Effendy. Namun harus tetap diusut siapa penanggung jawabnya, siapa tim penyusunnya, agar tidak terjadi lagi di kemudian hari,” katanya.

Baca juga: Said Aqil Siroj: Pendiri NU pertama cetuskan cinta Tanah Air

Pria yang biasa disapa Gus Din ini mengatakan KH Hasyim Asy’ari bukan hanya tokoh NU, tapi juga tokoh bangsa. Menghilangkan peran dan namanya artinya juga mempertanyakan ke-Indonesiaan sebagai sebuah bangsa.

“Saya sangat menyesalkan kejadian ini, saya sebagai bagian dari keluarga besar NU juga merasa terkejut. Kamus itu akan menjadi …

Berita lengkap klik
SOURCE LINK

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *