by

Prof Uut, Nyamuk, dan Melinda French Gates

Berita ini dikutip dari :

Guru Besar UGM Itu Masuk 100 Orang Berpengaruh di Dunia 2021 Versi Time

JawaPos.com – Melinda French Gates datang ke Jogjakarta dan tidak pernah menyangka bakal begitu tertarik dengan gigitan nyamuk. ”Sampai saya bertemu dengan Adi Utarini,” tulis filantropis yang juga mantan istri bos Microsoft Bill Gates tersebut di Instagram-nya.

Uut –sapaan akrab Adi Utarini– adalah peneliti sekaligus guru besar Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada (UGM), Jogjakarta.

Dia memimpin penelitian pengendalian demam berdarah di Jogjakarta bersama World Mosquito Program (WMP) Yogyakarta.

Utarini dan timnya meneliti Wolbachia sejak 2011. Mereka menginokulasi nyamuk penyebab demam berdarah Aedes aegypti dengan Wolbachia. Yaitu, bakteri yang tidak berbahaya bagi manusia, tetapi bisa mencegah nyamuk menularkan demam berdarah melalui gigitannya.

Hasilnya, kasus penyakit demam berdarah di wilayah yang disebar nyamuk yang sudah dimodifikasi itu menurun hingga 77 persen. CNN mengungkapkan bahwa penelitian Utarini dan timnya sudah diunggah di New England Journal of Medicine.

Majalah terkemuka Time pun memilihnya masuk Daftar 100 Orang Berpengaruh di Dunia. Namanya bersanding dengan jajaran tokoh dunia. Di antaranya, pasangan suami istri Duke dan…


Untuk Info lebih lanjut klik link berikut:

Source link

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *