by

Personel Kodam I/BB di-BKO ke Kodam XVII/Cenderawasih

Berita dikutip dari :

Medan (ANTARA) – Personel Kodam I/Bukit Barisan yang ditugaskan sebagai personel dengan status bawah kendali operasi (BKO) Kodim persiapan di wilayah bagian timur Indonesia gelombang III/2020 diberangkatkan ke wilayah Kodam XVII/Cenderawasih dan Kodam XVIII/Kasuari.

“Sebagai prajurit Sapta Marga, penugasan dalam bentuk apapun yang diberikan negara merupakan kehormatan dan kebanggaan,” kata Panglima Kodam I/Bukit Barisan, Mayor Jenderal TNI Hassanudin, dalam penggarahannya di Markas Kodam I/BB, Medan, Kamis, saat pemberangkatan personel Kodam I/BB.

Ia mengatakan, perlu dipahami bahwa pemberangkatan satuan tugas ini adalah untuk membantu proses pengembangan dan pembangunan Kodim baru di dua komando utama teritorial itu.

Dengan keterbatasan jumlah personel dari Kodam XVII/Cenderawasih dan Kodam XVIII/Kasuari, maka Markas Besar TNI AD memandang perlu untuk membentuk satuan tugas yang berisikan personel terpilih dan terbaik dari semua Kodam seluruh Indonesia, termasuk dari Kodam I/Bukit Barisan.

Baca juga: Kata Kasdam, Kodam XVII Cenderawasih usulkan penambahan 14 kodim

Kodam XVII/Cenderawasih memiliki wilayah operasi Provinsi Papua dan Kodam XVIII/Kasuari di Provinsi Papua Barat. 

“Saya berharap kalian dapat melaksanakan tugas ini dengan dilandasi semangat pengabdian, profesionalitas, dedikasi, disiplin dan penuh rasa tanggung jawab,” kata dia. 

“Bekali diri kalian tentang pengetahuan pembinaan teritorial, lima kemampuan teritorial, yakni temu cepat-lapor cepat, manajemen teritorial, penguasaan wilayah, perlawanan rakyat dan komunikasi sosial serta metode pembinaan teritorial,” ujar jenderal bintang dua itu.

Baca juga: Kodam XVIII/Kasuari rekrut 1.000 bintara otonomi khusus

Hassanudin menyampaikan, laksanakan tugas ini dengan dedikasi yang tinggi, loyalitas dan semangat, sehingga nantainya benar-benar sesuai dengan harapan pimpinan TNI AD.

Selain itu jaga nama baik Kodam I/BB, dengan menghindari segala bentuk pelanggaran dan perbuatan yang tidak terpuji, tunaikan tugas ini dengan penuh keyakinan dan jangan pernah ragu, karena pada hakekatnya tugas yang dilaksanakan adalah mulia.

“Tidak lupa pelihara kesehatan, keselamatan dan keamanan serta tingkatkan keamanan dalam setiap pelaksanaan tugas, dengan cara memperbanyak kegiatan ibadah sesuai agama masing-masing,” katanya.

Baca juga: Kodam Kasuari gencar cegah penularan COVID-19 di kalangan prajurit

 

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2020



Source link

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *