by

Perlu Kolaborasi Agar Program Perhutanan Sosial Maksimal

Berita dikutip dari:

Masyarakat sekitar hutan harus bisa meraih manfaat agar sejahtera.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pemerintah terus mendorong agar hutan semakin bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019, target pemberian akses pengelolaan dan pengelolaan hutan pada masyarakat seluas 12,7 juta hektare (ha). Angka ini kemudian direvisi pada 2020 menjadi 13,9 juta ha. Sampai awal 2021 sudah terlaksana 4,5 juta ha.

Direktur Penyiapan Kawasan Perhutanan Sosial Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Erna Rosdiana Erna Rosdiana menyatakan, tunduk target pemberian izin bukan satu-satunya tujuan utama. Setelah izin keluar, masih banyak tugas.

“Masyarakat bisa menjadi hutan dan sekitarnya menjadi skala bisnis, sehingga selain melestarikan hutan, juga berdampak pada kesejahteraan masyarakat,” ujarnya dalam sesi diskusi Forum Hari Bumi 2021, Kamis (22/4).

Namun, untuk mencapai visi hutan lestari dan masyarakat yang sejahtera masih menemui masalah. Praktisi dan Pendamping Program Perhutanan Sosial Suwito Laros menjelaskan, lima jaminan yang …

.
Berita lengkap klik
SOURCE LINK

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *