by

Pencoblosan di TPS Pilkada Serang patuhi protokol kesehatan COVID-19

Berita dikutip dari :

Serang (ANTARA) – Pencoblosan di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Serang, Banten, mematuhi penerapan protokol kesehatan COVID-19.

Pantauan di TPS 005, RT 09, RW 02 Desa Kadubeureum, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang mulai di datangi warga sejak pukul 07.00 WIB untuk mencoblos pemilihan Bupati dan Wakil Bupati priode 2021-2025.

Sebelum melakukan pencoblosan, petugas dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) setempat memberikan himbauan kepada warga agar tetap mematuhi protokol kesehatan dengan selalu memakai masker dan menjaga jarak.

“Bapak/Ibu mohon perhatianya sebentar, saya ingatkan lagi jangan lupa pakai maskernya ya, awas jaga jaraknya dengan yang lain,” kata salah seorang petugas KPPS yang berjaga di TPS 005, Kecamatan Pabuaran di Serang, Rabu.

Baca juga: Satgas sebut rata-rata 90 persen TPS patuhi protokol kesehatan

Setelah memberikan himabuan petugas langsung membuka TPS tersebut dengan melakukan pengecekan suhu tubuh pemilih dengan menggunakan alat pengukur suhu tubuh yang sudah di siapkan.

Warga yang suhu tubuhnya normal, dipersilahkan masuk dan diharuskan memakai sarung tangan plastik sebelum mengambil surat suara, kemudian petugas mengarahkan untuk masuk ke bilik pencoblosan. Setelah itu pemilih diberi tanda dengan diteteskan tinta pada bagian jarinya.

Sementara di TPS 002 di Kampung Susukan, Desa Talaga Warna, Kec Pabuaran warga setempat cukup antusias datang ke TPS untuk menyalurkan hak suaranya.

Mereka datang dengan menggunakan masker dan membawa persyaratan administrasi seperti kartu tanda penduduk (KTP) dan surat undangan sebagai warga yang memiliki hak suara dalam Pilkada Kabupaten Serang 2020.

Baca juga: Satgas COVID-19: 96 persen pemilih gunakan masker saat pilkada

Warga Desa Talaga Warna, Babay (35) mengatakan bahwa masyarakat di dua Kampung Tanjungsari Baru dan Talaga Warna selalu menyambut antusias di setiap pelaksanaan Pilkada, karena itu sebagai wujud penghormatan kepada negara.

Selain itu, warga juga tidak hanya atusias datang ke TPS untuk memilih saja. Namun, mengikuti juga intruksi lain yang sudah dianjurkan oleh pemerintah seperti mematuhi protokol kesehatan.

“Ya, sebelumnya saya sudah tahu kalau dateng ke TPS harus memakai masker dan lainya, karena sudah peraturanya begitu,” katanya.

Sementara itu, ketua KPPS 002, Endong mengungkapkan bahwa proses pemilihan di TPS tersebut berjalan dengan lancar dan aman.

Baca juga: Warga Bandarlampung salurkan hak pilih dengan terapkan prokes

“Allhamdulilah proses pemilihan di TPS 002 berjalan dengan lancar, dan warga juga cukup antusias serta mematuhi protokol kesehatan” kata dia.

Ia mengatakan, saat ini dari jumlah daftar pemilihan tetap sebanyak 199 jiwa yang melakukan oencoblosan di TPS 002 itu kooperatif dalam mematuhi protokol kesehatan COVID-19.

“Kita selalu menghimbau kepada warga yang memilih utuk selalu menerapakan protokol kesehatan. Kemudian kita juga menyiapkan masker dan sarung tangan untuk pemilih yang dateng ke TPS,” kata dia.

Pemilihan Bupati Kabupaten Serang priode tahun 2021-2025 diikuti dengan dua pasangan calon yaitu nomor urut 01 Ratu Tatu Chasanah dan Pandji Tirtayasa (pertahana Bupati Kabupaten Serang) kemudian pasangan calon nomor urut 02 Nasrul Ulum dan Eki Baehaki.

#satgascovid19

#ingatpesanibupakaimasker #cucitanganpakaisabun #jagajarak

Pewarta: Mulyana
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2020



Source link

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *