by

Outlook Perwakafan Indonesia 2021

Oleh H. Hendri Tanjung, Ph.D

SETIDAKNYA ada 4 makna kata ‘Outlook’ dalam kamus Inggris-Indonesia yang masuk kata benda, yaitu: Pemandangan, Pandangan, Ramalan, dan Harapan.
Pemandangan adalah cara atau proses memandang sesuatu, dan hasilnya disebut ‘pandangan’. Ramalan adalah apa yang mungkin akan terjadi, sedangkan Harapan adalah keinginan supaya menjadi kenyataan.

Outlook wakaf dalam arti Pemandangan adalah cara atau proses memandang wakaf, yang bisa dilakukan dengan mengumpulkan data perwakafan selama ini. Data itu kemudian dijadikan informasi, dan informasi tersebut kemudian menjadi ‘knowledge’. Knowledge yang dihasilkan adalah explicit knowledge, bukan tacit knowledge.

Explicit knowledge adalah ilmu pengetahuan yang diperoleh dari tulisan. Tacit knowledge adalah ilmu pengetahuan yang melekat pada seseorang, dimana bila orang itu wafat, maka hilanglah ilmunya.

Sementara explicit knowledge, sifatnya lebih lama dan lebih panjang. Salah satu cara mengumpulkan data perwakafan adalah dengan melakukan survey terhadap tulisantulisan mengenai wakaf selama ini. Untuk itu, Penulis melakukan survey terhadap 48 dokumen berupa book chapters dan artikel-artikel di jurnal yang dipublikasikan baik dalam dan luar negeri dari tahun 2014 hingga tahun 2020.

Hasilnya adalah, terdapat 3 kelompok besar pembahasan tentang wakaf. Pertama, 23 dokumen yang membahas konsep Umum dan isuisu Hukum tentang wakaf. Kedua, 7 dokumen yang membahas tren perwakafan di dunia Global. Ketiga, 18 dokumen membahas tentang pengalaman mengelola wakaf di Indonesia, maupun di beberapa daerah (provinsi, kabupaten dan kota).