by

Mengenal Hasyim Asy’ari yang Hilang di Kamus Sejarah

Berita dikutip dari:

Jakarta, CNN Indonesia –

Orang paling penting bagi kaum nahdliyin (masyarakat Nahdlatul Ulama), KH Hasyim Asy’ari, tak ada di Kamus Sejarah Jilid I yang sudah disusun Kementerian Pendidikan Kebudayaan (Kemendikbud).

Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid menyebut zondernya nama Hasyim Asy’ari di kamus tersebut murni karena ketidaksengajaan. Kamus itu adalah proyek yang gagal yang kadung masuk proses tata letak karena mengejar tenggat tahun anggaran yang habis pada 2017, meski tidak diketahui belum rampung.

KH Hasyim Asy’ari sejatinya adalah pendiri NU pada 1926 sekaligus tokoh pergerakan prakemerdekaan. Ia tokoh penting dalam gerakan 10 November di Surabaya bersama Bung Tomo yang kelak diperingati sebagai Hari Pahlawan.


Di kalangan Nahdliyin, Hasyim Asy’ari dijuluki hadratus syaikh, nama lain dari maha guru atau karib disapa Mbah Hasyim. Chairul Anam, dalam bukunya ‘Pertumbuhan dan Perkembangan Nahdlatul Ulama’ (2008) mengisahkan bahwa Bung Tomo hingga Jenderal Sudirman bahkan kerap sowan atau berkunjung ke Pesantren Mbah Hasyim di Tebuireng, Jombang.

Selain mendirikan NU, Hasyim Asy’ari berperan penting dalam mengembangkan sistem pendidikan pesantren. Model…

.
Berita lengkap klik
SOURCE LINK

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *