by

Manokwari Berstatus Waspada Virus Demam Babi Afrika

Berita dikutip dari:

Jakarta, CNN Indonesia –

Pemerintah Kabupaten Manokwari menetapkan status waspada virus demam babi afrika atau “Africanswinefever” (ASF), yang diduga sebagai penyebab kematian ratusan ternak babi di daerah itu.

Status waspada yang ditetapkan dalam Surat Edaran (SE) Bupati Manokwari Nomor: 524.3 / 324 tentang peningkatan kewaspadaan terhadap penyebaran penyakit pada ternak babi di wilayah kabupaten Manokwari, Kamis.

Bupati Hermus Indou dalam SE itu menginformasikan, virus demam afrika atau ASF belum ditemukan vaksin atau obat untuk menanggulanginya dan menyebabkan kematian tinggi pada ternak babi.

“Virus ini dapat menular melalui kontak langsung, serangga, pakaian, peralatan peternakan, kendaraan dan pakan yang terkontaminasi,” kata Hermus seperti dikutip dari Antara, Jumat (23/4).

Hermus juga mengimbau kepada peternak dan penjual produk daging babi untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap virus AFS dengan penerapan budaya biosekunti yang baik.

“Peternak babi agar menjaga kebersihan kandang, tidak memberikan pakan sisa rumah tangga, restoran, pelabuhan, dan hotel karena dapat menjadi media penularan virus AFS,” ujar Hermus.

Imbauan berikutnya kepada …

.
Berita lengkap klik
SOURCE LINK

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *