by

Laode Syarif: Perlu kebijakan tingkatkan resiliensi perubahan iklim

Berita dikutip dari:

Jakarta (ANTARA) – Direktur Eksekutif Kemitraan Laode Syarif mengatakan perlunya kebijakan yang dirancang untuk meningkatkan resiliensi terhadap bencana yang ditimbulkan sebagai dampak perubahan iklim.

Dalam diskusi virtual tentang resiliensi dan bencana bencana perubahan iklim yang dipantau dari Jakarta, Rabu, mengingatkan bahwa Indonesia sebagai negara yang rentan mengalami bencana, kini merasakan bencana akibat faktor perubahan iklim seperti cuaca ekstrem.

“Kalau kita lihat kebijakan kita tidak didesain untuk meningkatkan resiliensi kita,” kata Laode, yang pernah berubah menjadi salah satu komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 2015-2019, dalam diskusi yang diadakan Thamrin School of Climate Change and Sustainability.

Baca juga: Bappenas siapkan beberapa skenario Indonesia capai nol emisi karbon

Dia mengatakan kebijakan dari segi peraturan-undangan sampai aturan yang berada di bawahnya banyak yang tumpang tindih dan menimbulkan tidak bisa koordinasi.

Selain itu, dalam sisi legislasi horizontal yang berkaitan dengan lingkungan dan sumber daya alam serta industri tidak pernah dibuat dengan sinkron.

“Saya ingin mengingatkan kita semua dan …

Berita lengkap klik
SOURCE LINK

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *