by

Ketua MPR harapkan generasi muda jadi agen perubahan

Berita dikutip dari :

Nilai-nilai yang dijunjung Mata Garuda, diharapkan dapat diaktualisasikan melalui implementasi

Jakarta (ANTARA) – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengharapkan generasi muda Indonesia , khususnya yang tergabung dalam Mata Garuda berperan sebagai agen perubahan.

Saat Rapat Kerja Nasional Mata Garuda 2020 yang digelar secara virtual tersebut di Jakarta, Senin, Bambang mengatakan, Mata Garuda sebagai organisasi awardee LPDP diharapkan untuk terus memiliki semangat pengabdian kepada bangsa dan negara.

Mata Garuda adalah ikatan awardee penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan.

“Nilai-nilai yang dijunjung Mata Garuda, yaitu Kolektif yang terdiri atas Kolaboratif, Emansipatif, Kreatif, Inovatif, dan Inklusif, diharapkan dapat diaktualisasikan melalui implementasi,” katanya melalui keterangan tertulis

Ia juga berpesan agar Mata Garuda tetap menjunjung semangat kebhinekaan dalam membangun bangsa dan negara.

Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Hadiyanto saat membuka rakernas mengatakan negara memberikan kesempatan untuk mencari ilmu dan sekarang Mata Garuda menyediakan ruang untuk mengaktualisasikannya.

Pembicara lain dalam Rakernas Mata Garuda 2020, Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Giri Suprapdiono menantang generasi muda turut peduli terhadap situasi negara saat ini.

“Pemberantasan korupsi tidak hanya mengenai penindakan dan pencegahan, namun juga pendidikan guna membangun karakter bangsa agar tidak terlibat tindak korupsi,” katanya.

Sedangkan, Wali Kota Bogor Bima Arya mengharapkan Mata Garuda dapat berkontribusi melalui berbagai bentuk kolaborasi.

Co-Founder Think Policy Society, yang juga penerima beasiswa LPDP, Andhyta F Utami mengatakan seringkali kepemimpinan diartikan sebagai ketua dalam suatu organisasi.

“Kepemimpinan bukan tentang titel-titel tersebut, tapi bisa jadi adalah orang yang ada di balik layar,” ujarnya.

Dalam rakernas bertema “Wujudkan Ruang Kolektif untuk Mencapai Tujuan Bersama”, Ketua Umum Mata Garuda Pusat Erbi Setiawan mengajak Mata Garuda terus bersinergi dan berkolaborasi dengan segala lapisan.

Baca juga: Kewajiban negara cegah-tangkal krisis

Baca juga: Peran pemuda sebagai pelopor bangsa dipuji Menko PMK

Baca juga: Peran pemuda dan narasi kebangsaan

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020



Source link

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *