by

Kepala BNPB: Patroli karhutla Riau jangan kendor saat Lebaran

Berita dikutip dari:

Kalau bisa tetap ada yang patroli,

Pekanbaru (ANTARA) – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo meminta Pemerintah Provinsi Riau untuk tetap mewaspadai potensi kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla meski di saat Idul Fitri (Lebaran) 1442 Hijriyah belakangan.

“Kalau bisa tetap ada yang patroli,” katanya saat rapat koordinasi bersama Pemerintah Provinsi Riau, di Kota Pekanbaru, Kamis.

Ia mengingatkan bahwa status Siaga Darurat Karhutla Riau belum berakhir. BNPB juga sudah membantu penanggulangan Karhutla dengan bantuan tiga helikopter. Intinya, ia berpesan jangan sampai saat Lebaran karhutla yang terjadi dan kejadian bencana kabut asap.

Berdasarkan data Satgas Karhutla Riau, luas kebakaran hutan dan lahan sejak Januari hingga akhir April mencapai 860,66 hektare (Ha). Sejauh ini kondisi kondusif karena Riau banyak turun hujan, dan upaya pemadaman hanya berlangsung di satu daerah, yakni di Kabupaten Rokan Hilir.

Karhutla paling luas tercatat di Kabupaten Bengkalis yakni mencapai 296,86 Ha. Kemudian di Indragiri Hilir mencapai 138,5 Ha dan Kota Dumai mencapai 111,1 Ha. Daerah lainnya antara lain di Kabupaten Rokan Hilir (34 Ha), Kepulauan …

Berita lengkap klik
SOURCE LINK

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *