by

Kemenhan Pantau Pencarian Kapal Selam KRI Nanggala-402

Berita dikutip dari:

TEMPO.CO, Jakarta – Kementerian Pertahanan terus memantau kapal selam KRI Nanggala-402 yang hilang kontak saat melaksanakan latihan penembakan senjata strategis di perairan selat Bali.

“Hingga saat ini pencarian masih terus dilakukan dengan mengirimkan KRI Rigel dari Dishidros Jakarta dan KRI Rengat dari Satuan Ranjau untuk membantu pencarian dengan menggunakan side scan sonar,” demikian pernyataan pihak Kemenhan siaran pers yang diterima Tempo pada Rabu, 21 April 2021.

Diketahui, kapal KRI Nanggala yang akan melaksanakan penembakan SUT Torpedo meminta izin menyelam pada pukul 03.00 WIB. Setelah izin menyelam sesuai prosedur, kapal hilang kontak dan tidak bisa dihubungi.

Selanjutnya diadakan pencarian oleh kapal lain yang terlibat dalam Satgas latihan tersebut. Pada pukul 07.00 WIB pengamatan udara dengan helikopter, ditemukan tumpahan minyak di sekitar posisi awal menyelam.

Dalam latihan tersebut KRI Nanggala membawa 53 awak, dengan rincian 49 ABK, 1 komandan kapal, dan 3 orang gudang senjata.

TNI AL telah mengirimkan distres ISMERLO (petugas International Submarine Escape and Rescue Liaison). Beberapa negara sudah merespons dan siap memberikan …

.
Berita lengkap klik
SOURCE LINK

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *