by

Kebakaran di Jakpus menurun di tahun 2020

Berita dikutip dari :

korsleting listrik masih menjadi penyumbang kebakaran terbanyak di Jakarta Pusat

Jakarta (ANTARA) – Kepala Suku Dinas Penyelamatan Kebakaran dan Penanggulangan Jakarta Pusat, Asril Rizal mengatakan  peristiwa kebakaran yang terjadi di Jakarta Pusat mengalami penurun pada 2020 dibandingkan dengan 2019.

“Berdasarkan data kami, terjadi penurunan. Jika pada 2019 itu mencapai 275. Nah pada 2020 sampai data terakhir minggu pertama Desember 2020 tercatat 151 kejadian, jadi terdapat penurunan cukup lumayan,” kata Asril di Jakarta, Jumat.

Baca juga: 11 mobil damkar padamkan kebakaran rumah makan di Palmerah

Dari data yang dihimpun Sudin Gulkarmat Jakarta Pusat ditemukan juga penyebab kebakaran paling banyak berasal dari listrik.

“Sama seperti tahun sebelumnya, untuk penyebab kebakaran paling tinggi masih dari korsleting listrik. Pada 2019 tercatat ada 123 kejadian yang disebabkan oleh listrik, sementara pada 2020 tercatat ada 103 kebakaran yang disebabkan oleh listrik,” kata Asril.

Selanjutnya ditemukan jumlah kebakaran di bangunan perumahan pada 2020 mengalami penurunan dengan persentase 60 persen.

Baca juga: Empat kontrakan dan dua motor terbakar di Jakarta Timur

“Kalau pada 2019 bangunan perumahan itu merupakan objek yang paling banyak terbakar sebanyak 114 objek, pada 2020 justru mengalami penurunan sekitar 60 persen atau lebih tepatnya hanya 35 bangunan perumahan yang terbakar,” ujar Asril.

Asril juga mengatakan titik kebakaran paling banyak ditemukan di kecamatan Tanah Abang sebanyak 36 kejadian. Namun jumlah itu masih tergolong kecil jika dibandingkan dengan data 2019.

Baca juga: Pengungsian korban kebakaran Angke dipastikan terapkan prokes

Pada 2019 kondisi titik kebakaran juga paling banyak ditemukan di Tanah Abang dengan jumlah 82 titik.

“Meski mengalami penurunan, kita minta warga juga lebih waspada untuk mengantisipasi kebakaran. Hal-hal yang sekiranya bisa jadi pemicu seperti kondisi listrik, lalu pembakaran sampah, itu kalau bisa diperhatikan sehingga kebakaran bisa terhindar,” kata Asril.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020



Source link

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *