by

Kapal Selam Nanggala dalam Posisi Diam, Tak Ada Suara

Berita dikutip dari:

Jakarta, CNN Indonesia –

Kepala Pusat Penerangan TNI, Walikota Jenderal Achmad Riad mengungkapkan bahwa metode yang bisa digunakan untuk mencari Kapal Selam Nanggala-402 yang hilang kontak sejak Rabu (21/4) di peraåiran Bali, hanya menggunakan sonar.

Menurut Riad, kendati belum ditemukan lokasi keberadaan kapal tersebut, dia memastikan bahwa Kapal Nanggala-402 saat ini dalam posisi diam.

“Karena kebetulan kapal selamnya kan udah diam, tidak ada suara, sehingga hanya sinar yang bisa menangkap,” kata Riad, Jumat (23/4).


Oleh sebab itu, kata Riad, pihaknya saat ini telah mengutamakan kapal-kapal yang bisa menangkap sonar untuk memaksimalkan pencarian. Dia bersedia memang tidak semua KRI memiliki kemampuan tersebut.

Hingga saat ini, katanya, daerah pencarian, masih fokus menyisir wilayah perairan Utara Bali yang berjarak 60 mil dari daratan. Menurut dia, hingga saat ini, posisi itu satu-satunya yang meninggalkan jejak seperti, tumpahan minyak atau solar.

“Jadi dari tumpahan minyak, atau tumpahan solar atau apapun yang keluar seperti itu. Sementara itu, Nah posisinya memang sekitar 60 mil dari perairan Utara Bali,” kata Riad.

Infografis Kekuatan Pencari Kapal Selam KRI Nanggala-402Infografis Kekuatan …

.
Berita lengkap klik
SOURCE LINK

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *