by

Jantung Berdebar Sesudah Minum Kopi, Rupanya Ini Penyebabnya dan Ini Pemicunya

Jakarta – Untuk beberapa orang, minum kopi bisa hilangkan mengantuk dan rasa capek. Tetapi, seringkali dari mereka yang rasakan jantung berdebar secara cepat sesudah konsumsi kopi.

Rupanya, cafein dapat menggairahkan mekanisme saraf pusat otak dan percepat detak jantung. Bila Anda minum banyak minuman mengandung kafein dalam sehari, hal tersebut bisa percepat performa jantung hingga berdebar-debar lebih dari umumnya.

Diambil dari WebMD, keadaan ini disebutkan sinus takikardia yaitu keadaan jantung berdetak lebih dari 100 kali per menit. Tidak cuman kopi, pemicu sinus takikardia meliputi olahraga berat, demam, rasa kuatir terlalu berlebih, sampai depresi.

Simak juga: Membuat Libido Ngedrop, 10 Makanan Ini Seharusnya Tidak Dikonsumsi Saat sebelum BercintaGejala-gejala yang dirasakan jika terserang sinus takikardia, seperti pusing, sakit di kepala enteng, napas sesak, ngilu dada, dan palpitasi jantung. Palpitasi jantung ialah keadaan di mana jantung berdenyut kuat dan berdebar dengan tidak teratur.

Banyak hal berikut ini bisa dikerjakan untuk menangani keadaan itu:

1. Kerjakan tehnik rileksasi

Depresi bisa memacu palpitasi jantung sebab depresi dapat menggairahkan kerja saraf otak. Coba duduk bersila dan ambil napas perlahan-lahan lewat lubang hidung, mengeluarkan lewat mulut lalu ulang sampai Anda berasa tenang.

2. Rajin minum air putih

Dehidrasi bisa mengakibatkan jantung berdebar bisa lebih cepat. Darah memiliki kandungan air, hingga dehidrasi membuat darah bertambah lebih kental. Makin kental darah Anda, makin jantung Anda harus bekerja untuk mengalihkannya lewat pembuluh darah Anda. Itu bisa tingkatkan renyut nadi Anda dan mempunyai potensi mengakibatkan palpitasi.

3. Jauhi minuman dan makanan spesifik

Ada banyak minuman dan makanan yang perlu dijauhi waktu terserang sinus takikardia, seperti kopi, rokok, dan obat flu dan batuk spesifik. Tanyakan sama dokter hal makanan,minuman, dan beberapa obat apa yang bisa dimakan.

Tidak seluruhnya orang alami sinus takikardia karena konsumsi kopi. Umumnya, cuman beberapa orang spesifik yang alami hal itu seperti mereka yang mempunyai kisah penyakit jantung. Tetapi, tetap Anda harus waspada dan jauhi konsumsi kopi terlalu berlebih.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed