by

Hendery NCT Dituduh Lakukan Perampasan Budaya Gara-Gara Wig Gimbal

Dikutip dari

Suara.com – Penyanyi K-Pop, Hendery NCT baru saja memamerkan tiga foto di Weibo. Tapi unggahan itu mendadak tuai kritik warganet dan dianggap menghina budaya.

Dikutip dari Koreaboo, Minggu (6/12/2020) Foto-foto itu memperlihatkan Hendery NCT berada di mobil dengan penampilan bedanya.

Ia tampil dengan rambut gimbal yang dipadupadankan dengan ikatan kepala bergaya Rastafarian. Ada pula foto lain yang menunjukkan penyanyi 21 tahun ini memegang rambut palsu.

Tak lama setelah mengunggah tiga foto tersebut, Hendery NCT langsung menghapusnya. Tapi warganet terlanjur mengabadikan foto itu dan mem-viralkannya.

Baca Juga:
Lirik NCT U Work It

Hendery NCT [Koreaboo]
Hendery NCT [Koreaboo]

Penampilan Hendery dengan wig itu menuai kritik dan dianggap melakukan cultural Appropriation atau perampasan budaya.

“Topi (wig) Hendery adalah contoh sempurna dari perampasan budaya,” kicau Idleworlds di Twitter.

Akun itu menjelaskan, “Maksud saya, bagaimana Hendery bisa melepas topi sesuai dengan hati. Sementara orang dengan kulit hitam mendapat diskriminasi dan tak bisa mencabut ‘topi’ mereka.”

Dikutip dari SuakaOnline dalam jurnal communication Theory, Richard A. Rogers menyatakan apropriasi budaya adalah menggunakan simbol, artefak, genre, ritual, atau teknologi budaya oleh anggota kebudayaan yang lain.

Perilaku ini juga dikenal dengan perampasan budaya yang biasanya diambil dari kelompok diskriminasi atau minoritas.

Baca Juga:
Kogyeol Jadi Member ke-2 UP10TION yang Positif Corona

“Apa yang dilakukan Hendery tidak bisa dimaafkan dan tidak boleh dilindungi. Seharusnya dia bisa mendapat didikan tentang itu,” tutur @thcjjk.

Source di sini

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed