by

Gempa 3,3 Magnitudo Guncang Blitar, BMKG Tak Catat Gempa Susulan

Berita ini dikutip dari :

JawaPos.com – Gempa bumi magnitudo 3,3 mengguncang Blitar, Jawa Timur pada Minggu (21/11) pukul 04.02.39 WIB. Berdasarkan analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) episenter terletak pada koordinat 8,21 LS dan 112,33 BT, tepatnya di darat pada jarak 15 km arah tenggara Kabupaten Blitar Jawa Timur pada kedalaman 10 km.

“Gempa yang terjadi merupakan jenis gempa kerak dangkal (shallow crustal earthquake) akibat aktivitas sesar aktif di sekitar Wlingi,” kata Kepala Badan Mitigasi Gempa Bumi dan Bencana BMKG, Daryono dalam keterangannya, Minggu (21/11).

Daryono mengungkapkan, getaran akibat gempa ini dirasakan di Wlingi, Blitar, Karangkates dan sekitarnya dalam skala intensitas II MMI. Getaran dirasakan warga dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.
Meski demikian, hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut.

“Hingga pukul 05.30 WIB pagi ini, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan (aftershock),” ucap Daryono.

Daryono tak memungkiri, wilayah Wlingi, Blitar, Malang dan sekitarnya merupakan daerah rawan gempa. Sejarah mencatat gempa merusak pernah melanda wilayah ini pada 15 Agustus 1896 (VI MMI), 20 November 1958 (VIII MMI), dan 19 Februari 1967 (VIII MMI).

“Gempa merusak…


Untuk Info lebih lanjut klik link berikut:

Source link

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *