by

Festival HAM tahun 2020 di Banjarmasin resmi dibuka

Berita dikutip dari :

Banjarmasin (ANTARA) – Festival Hak Asasi Manusia Tahun 2020 yang diselenggarakan di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan resmi dibuka oleh Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Republik Indonesia, Ahmad Taufan Damanik di Hotel Swiss Bell Banjarmasin Tengah, Kamis.

Agenda rutin yang digelar Komnas HAM tersebut kali ini menggandeng Pemerintah Kota Banjarmasin sebagai tuan rumah, berlangsung tanggal 17–19 Desember 2020.

Pada pembukaan festival yang dihadiri langsung Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina dan para pejabat Pemerintah Kota Banjarmasin diikuti pula secara daring seluruh kota di Indonesia dan negara lainnya.

Menurut Ahmad Taufan Damanik, Festival HAM adalah acara tahunan yang memfasilitasi semua pihak dan kalangan untuk berbagi pengetahuan, pengalaman dan pembelajaran tentang Hak Asasi Manusia oleh Pemerintah Daerah di Indonesia.

“Hal ini sebagai bentuk penghormatan, perlindungan dan penerapan HAM khususnya dalam kondisi pandemi COVID-19 saat ini,” katanya.

Baca juga: Banjarmasin bersiap jadi tuan rumah festival HAM

Pihaknya pun, katanya, dalam kesempatan itu mengundang berbagai pihak, berbagai ahli untuk memberikan pengalaman dari lokal masing-masing dan dari penjuru belahan dunia yang lain untuk dijadikan bahan pelajaran bagi seksama.

“Pemerintah Pusat, maupun Pemerintah Daerah wajib memastikan penghormatan dan perlindungan serta pemenuhan Hak Asasi Manusia kepada setiap warga,” jelasnya.

Baca juga: Pemerintah dorong lebih banyak kabupaten/kota ramah HAM

Kegiatan Festival HAM tahun 2020 tersebut dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan dan pengawasan yang ketat mulai dari cuci tangan, menjaga jarak, cek suhu tubuh dan menggunakan masker.

Festival itu juga menerapkan pembatasan peserta yang hadir secara offline.

Selain itu pembukaan Festival HAM juga dimeriahkan oleh pembicara kunci yakni dari Kepala Staf Kepresidenan, Jendral TNI (purn) Moeldoko secara online.

Baca juga: “Human Rights City” dan gerakan membumikan HAM sampai akar rumput

Kegiatan pembukan Festival HAM 2020 juga dirangkai dengan webinar Pleno I yang menghadirkan beberapa pembicara, diantaranya seperti Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik, Dr N Paranietharan sebagai Country Representatif WHO to Indonesia, Komisioner Pengkajian dan Penelitian Komnas HAM RI Sandrayati Moniaga.

Kemudian Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina, Dirjen Bina Administrasi Wilayah Kementerian Dalam Negeri RI Dr Syafrizal, Koordinator Lapor COVID-19 Irma Hidayana dan Kepala Biro Hukum, Organisasi dan Kerjasama BNPB Zaherman Muabezi, untuk membahas terkait Pemajuan dan Penegakan HAM di Masa Pandemi COVID-19.

Baca juga: Festival HAM 2019 dorong pembangunan daerah berkeadilan sosial

Pewarta: Sukarli
Editor: Tunggul Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2020



Source link

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *