by

Eks Walkot Semarang Gugat BPN Soal Sertifikat Tanah Ganda

Berita dikutip dari:

Semarang, CNN Indonesia –

Mantan Wali Kota Semarang, Jawa Tengah, Sukawi Sutarip menggugat Badan Pertanahan Nasional (BPN) ke Pengadilan Negeri Semarang lantaran tanah Akuntan orang lain yang juga memiliki sertifikat di lahan yang sama.

Obyek tanah seluas 598 meter persegi tersebut berada di Jalan Lamongan Timur VII Nomor 51 Bendan Ngisor, Semarang, dengan identitas Surat bernomor 712 tahun 1984 di mana telah sah dimiliki Sukawi di tahun 1973.

Sementara, pada titik lokasi sama, muncul pula sertifikat HGB nomor 1079 yang dimiliki seorang pengusaha Tan Yangky Tanuputra dengan luas 675 meter persegi dari Akta Jual Beli Nomor 798 tahun 2017.


“Itu terjadi sekitar tahun 2019, dimana saya terkejut melihat kondisi tanah saya sedang dibangun oleh seseorang. Saat kita cek dan tanya, ternyata pembangunan itu dilakukan oleh seorang pengusaha bernama Tan Yangky yang juga mengaku punya sertifikat di titik dan lokasi yang sama dengan tanah saya , “ujar Sukawi.

Merasa tanahnya ‘dinakali’, Sukawi menjelaskan penjelasan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Semarang yang kemudian direspons dengan Surat Keterangan Pendaftaran Tanah No.01.cek / 2019 tertanggal 14 …

.
Berita lengkap klik
SOURCE LINK

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *