by

EDCCash, Kripto Bodong Tipu dan Rugikan 57 Ribu Anggota

Berita dikutip dari:

Jakarta, CNN Indonesia –

Tim penyidik ​​di Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri Perusahaan E-Dinar Coin Cash (EDCCash) diduga telah merugikan setidaknya 57 ribu nasabah melalui investasi bodong dalam produk kripto atau mata uang virtual.

EDCCash sendiri menggalang dana dari masyarakat secara ilegal dan produk investasi mereka tidak terdaftar di otoritas pemerintah seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti).

“Data yang kami punya, ada 57 ribu anggota. Jumlahnya minimal [investasi] Rp5 juta, kira-kira kurang lebih [kerugian] mencapai Rp285 miliar, “ungkap Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus, Brigadir Jedneral Helmy Santika dalam pers di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (22/4).


Namun demikian, kata Helmy, kerugian nasabah secara total dapat bertambah, tidak semuanya menyetorkan uang sebesar Rp5 juta. Ada beberapa korban lain yang membayar lebih dari itu.

Sebagai informasi, modus penipuan dalam perkara ini adalah perusahaan meminta agar para anggota bayar Rp5 juta dengan rincian Rp4 juta untuk menjadi 200 koin, biaya sewa awan sebesar …

.
Berita lengkap klik
SOURCE LINK

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *