by

Dinkes Lampung sebut tiga kasus positif merupakan anggota KPPS

Berita dikutip dari :

ketiga anggota KPPS tersebut datang ke puskesmas setempat untuk melakukan screening dan dilakukan pemeriksaan tes cepat (rapid test) dengan hasil reaktif

Bandarlampung (ANTARA) – Dinas Kesehatan Provinsi Lampung menyebutkan  dari 79 penambahan pasien positif COVID-19 tiga diantaranya merupakan anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kabupaten Lampung Tengah.

“Pasien nomor 4.767, 4.768 dan 4.769 berasal dari Lampung Tengah dan tercatat sebagai anggota KPPS,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana, di Bandarlampung, Minggu.

Baca juga: KPU Lampung catat partisipasi masyarakat sebesar 74,31 persen

Dia menjelaskan bahwa pada Selasa (1/12) ketiga anggota KPPS tersebut datang ke puskesmas setempat untuk melakukan screening dan dilakukan pemeriksaan tes cepat (rapid test) dengan hasil reaktif.

“Jumat (4/12) ketiga KPPS itu diperiksa melalui tes usap (swab test) dengan polymerase chain reaction (PCR),” kata dia.

Ia mengatakan bahwa hasil dari PCR tersebut baru keluar pada Sabtu (12/12) dengan hasil konfirmasi positif COVID-19.

Baca juga: RSUDAM tetap buka pelayanan IGD setelah 24 nakes terpapar COVID-19

“Saat ini ketiganya sedang menjalani isolasi mandiri sebab kondisi yang bersangkutan dalam keadaan sehat (tanpa gejala),” kata dia.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung, Erwan Bustami saat dimintai keterangan, menegaskan bahwa semua anggota KPPS yang hasil rapid test-nya reaktif hingga dua kali tidak diizinkan bertugas dalam pelaksanaan pilkada serentak Rabu (9/12).

Baca juga: Kasus COVID-19 di Lampung bertambah 62 menjadi 4.648 kasus

“Semua anggota KPPS yang reaktif dua kali saat di tes cepat langsung kami minta ganti atau mereka tidak diizinkan bertugas, guna mencegah klaster pada pilkada serentak,” kata dia.

Hingga kini kasus konfirmasi positif COVID-19 di Lampung berjumlah 4.793 dengan rincian pasien yang telah dinyatakan sembuh 3.061 dan kasus kematian akibat terpapar virus Corona 235.

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020



Source link

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *