by

Dana BOS Fleksibel, Manajemen Pengelolaannya Harus Transparan

Berita dikutip dari:

JawaPos.com – Di masa pandemi Covid-19, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan sejumlah memberikan sumbangan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk membantu sekolah. Pada tahun 2021, skema skema dana BOS tak terkalahkan.

Pada 2020, salah satu bencana yang dilakukan adalah pembayaran gaji untuk guru honorer yang tidak mengatur alokasi maksimal dalam kondisi darurat yang ditetapkan oleh pemerintah. Sebelumnya, pembayaran honor maksimal 50 persen untuk sekolah negeri dan swasta dalam kondisi normal. Tahun ini anggaran BOS kembali untuk memenuhi kebutuhan sekolah mempersiapkan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

Koordinator Nasional Jaringan Pemantau Pendidikan Indonesia (JPPI) Ubaid Matraji pun menyambut baik hal tersebut. Namun, pengawasan penggunaannya pun harus dilakukan dengan baik.

“Ya memang harus fleksibel sesuai dengan kebutuhan sekolah. Meski begitu, manajemen pengelolaannya dan pengawasannya harus dikelola secara transparan, akuntabel dan partisipatif, ”terang dia kepada JawaPos.com, Kamis (22/4).

Ia berharap penggunaan Dana BOS ini dapat terlaksana sesuai yang …

.
Berita lengkap klik
SOURCE LINK

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *