by

BRI Danareksa Sekuritas Rilis Sistem Online Trading Syariah

Dikutip Dari:

JawaPos.com – Perusahaan Efek Anggota Bursa PT Danareksa Sekuritas resmi mengubah nama Perusahaan menjadi PT BRI Danareksa Sekuritas (BRIDS). Langkah penggantian nama dan logo perusahaan dilakukan setelah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mengakuisisi 67 persen saham Danareksa Sekuritas. Keputusan penggantian nama ini berlaku efektif per 9 Oktober 2020 lalu.

Direktur Utama BRI Danareksa Sekuritas Friderica Widyasari Dewi mengatakan, proses akuisisi ini memberikan banyak peluang bagi kedua belah pihak terutama bagi perseroan mengingat dengan jaringan distribusi luas yang dimiliki BRI menjadi sarana dalam mempermudah perkembangan dan literasi pasar modal yang dapat dilakukan oleh perseroan.

Pada kesempatan yang sama, lanjutnya, BRI Danareksa Sekuritas juga menambah layanan untuk investasi saham dengan meluncurkan Sistem Online Trading Syariah (SOTS) guna mengakomodasi transaksi nasabah atas pilihan saham-saham syariah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

“Pengembangan sistem online trading syariah ini diharapkan mampu menambah basis investor syariah di Indonesia. D’ONE Syariah merupakan platform online trading terbaru dari BRI Danareksa Sekuritas, yang dirancang khusus untuk memenuhi tidak hanya kebutuhan nasabah akan fasilitas trading online yang reliable, tetapi juga memenuhi kaidah hukum Syariah,” ujarnya, Selasa (8/12).

Lebih lanjut Friderica menambahkan, sistem tersebut juga memudahkan Investor untuk mendapatkan keuntungan dari perdagangan saham tanpa rasa khawatir akibat menyalahi prinsip syariah. Adapun beberapa fitur yang sudah disesuaikan dengan prinsip syariah di antaranya running trade yang hanya menampilkan saham syariah, dan fitur otomatis untuk tidak dapat melakukan pembelian saham di luar saham syariah, serta fitur otomatis untuk tidak dapat melakukan pembelian tanpa ketersediaan dana.

Friderica menjelaskan, upaya pengembangan platform Syariah ini juga merupakan langkah perusahaan untuk terus mengembangkan layanan di pasar modal guna mendukung program BRI sebagai Integrated Financial Solution di Indonesia.

“Kami berupaya agar BRI Danareksa Sekuritas dapat terus bertumbuh secara berkesinambungan. Melalui kerja sama jaringan distribusi luas dan tersebar yang dimiliki oleh BRI, BRIDS mendapat amanah untuk dapat lebih fokus mengembangkan pasar ritel,” tuturnya.

Tahun ini, Ia mengungkapkan, BRI Danareksa Sekuritas juga mendapatkan mandat untuk mengakuisisi rekening efek pegawai Grup BRI dan nasabah ritel BRI. Sebagai tambahan informasi, di era modern saat ini semua dituntut serba mudah. Hal tersebut juga selaras dengan kebutuhan investor untuk berinvestasi di dunia pasar modal.

Dalam menghadirkan layanan tersebut, BRI Danareksa Sekuritas menggandeng Bank BRI sebagai bank penyedia RDN untuk menyimpan dana milik investor dengan aman. Pemilihan Bank BRI sebagai Bank penyedia RDN dikarenakan keunggulan Bank BRI sebagai salah satu Bank Administrator RDN yang menggunakan Application Programing Interface (API) untuk pembukaan RDN secara online.

Dengan menggunakan API pembukaan RDN menjadi lebih seamless, karena tidak diperlukan lagi dokumen fisik yang ditandatangani. Jadi investor cukup memasukkan data diri di aplikasi online, nomor rekening tabungan Bank BRI , nomor ponsel yang telah teregister di Bank BRI dan kode OTP maka rekening efek dan RDN akan terbentuk dengan mudah.

“D’ONE Syariah merupakan langkah awal bagi kami untuk menjadi yang terdepan dalam pengembangan pasar keuangan syariah yang memang memiliki potensi yang sangat besar di Indonesia,” tutupnya.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Romys Binekasri





Source link

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed