by

Biden pilih staf Capitol Hill sebagai perwakilan perdagangan AS

Berita dikutip dari :

New York (ANTARA) – Presiden terpilih Joe Biden memilih Katherine Tai, kepala pengacara perdagangan House Ways and Means Committee, untuk menjabat sebagai perwakilan perdagangan AS, tiga sumber yang mengetahui keputusan itu mengatakan pada Rabu.

Tai, 45, yang sangat didukung oleh politisi Demokrat di Kongres, memainkan peran kunci dalam menegosiasikan ketentuan ketenagakerjaan yang lebih kuat dengan pemerintahan Trump dalam kesepakatan perdagangan AS-Meksiko-Kanada (USMCA) yang baru, dan mendapat dukungan dari kalangan buruh dan bisnis.

Pekerjaan itu, yang kadang disebut “kaisar perdagangan,” diharapkan menjadi posisi penting saat Biden berpacu membangun kembali hubungan dengan sekutu utama, menghidupkan kembali manufaktur di dalam negeri, dan menghukum Beijing karena praktik perdagangan anti persaingan.

Sebagai warga Amerika keturunan China yang berpendidikan Yale dan Harvard yang berbicara bahasa Mandarin dan mengajar bahasa Inggris universitas selama dua tahun di Guangzhou, Tai memimpin penegakan perdagangan China di kantor Perwakilan Dagang AS (USTR) dari 2011 hingga 2014.

Dalam peran itu, Tai adalah pengacara utama yang mengajukan kasus pelanggaran perdagangan terhadap China di hadapan Organisasi Perdagangan Dunia.

Keputusan Biden pertama kali dilaporkan oleh Politico. Seorang juru bicara transisi menolak berkomentar.

Pada Agustus, Tai menyerukan pendekatan yang berbeda ke China dari perang tarif 2-1/2 tahun yang dilakukan oleh kaisar perdagangan saat ini Robert Lighthizer, dengan alasan bahwa Amerika Serikat membutuhkan serangan yang lebih baik daripada tarif, yang sebagian besar defensif.

Sumber: Reuters

Baca juga: 100 hari pertama, Biden targetkan 100 juta dosis vaksin COVID-19

Baca juga: Biden akan tunjuk kepala kejaksaan California sebagai menkes AS

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Fardah Assegaf
COPYRIGHT © ANTARA 2020



Source link

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed