by

Balai TNGM Tekankan Gunung Merapi Tertutup untuk Pendakian

– Beberapa lalu trending pendaki yang naik ke pucuk Merapi waktu posisi Waspada. Faksi Balai TN Gunung Merapi tekankan Merapi tertutup untuk pendakian.
Pendaki itu bahkan juga merekam dan mengupload video rutinitas luruhan material Gunung Merapi dari jarak yang dekat melalui Instagram pribadinya yakni di account @laharbara dan diupload pada Jumat (27/11) tempo hari.

Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) juga memperjelas bila pendakian ke Merapi telah ditutup semenjak Mei 2018, yakni waktu Merapi masih dengan status Siaga. Hal tersebut berdasar Surat Selebaran Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merapi No SE.04/BTNGM/TU/Ren/ 05/2018 tanggal 22 Mei 2018, mengenai Penutupan Objek WIsata di Teritori Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM).

“Pendakian Gunung Merapi sudah ditutup semenjak 22 Mei 2018, saat kenaikan posisi Gunung Merapi dari Normal (tingkat I) jadi Siaga (tingkat II),” kata Kepala Balai TNGM Pujiati lewat pesan singkat, Rabu (2/12/2020).

TNGM, kata Pujiati, selanjutnya menegaskan larangan untuk mendaki Gunung Merapi dengan keluarkan informasi tanggal 8 November 2020. Kecuali lajur pendakian, TNGM tutup beberapa tempat wisata alam (OWA).

“Pendakian masih ditutup saat Gunung Merapi dinaikkan posisinya dari Siaga (tingkat II) jadi Waspada (tingkat III), semenjak 5 November 2020. Diperjelas dengan Informasi Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merapi No PG.113/ BTNGM/TU/Ren/11/2020 tanggal 8 November 2020, mengenai Penutupan Objek Rekreasi Alam dan Lajur Pendakian di Cakupan Taman Nasional Gunung Merapi,” tegasnya.

Sekarang ini, ada dua lajur pendakian sah ke arah pucuk Merapi. Ke-2 lajur itu, kata Pujiati, sampai sekarang ini ditutup. Oleh karenanya, bila ada pendakian ke pucuk Gunung Merapi karena itu hal tersebut adalah aktivitas ilegal.

“Balai TNGM memperjelas jika seluruh pendakian ke Gunung Merapi, baik lewat lajur pendakian Selo (Boyolali) atau Sapuangin (Klaten) adalah aktivitas illegal,” tegasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed