by

Baker Hughes hibah 250 ribu dolar AS untuk program penyerapan karbon

Berita dikutip dari :

Indonesia dipilih sebagai penerima hibah ini karena Indonesia memiliki keanekaragaman hayati tertinggi di dunia.

Balikpapan (ANTARA) – Baker Hughes Foundation menghibahkan dana sebesar 250 ribu dolar AS kepada Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) melalui The Nature Conservancy (TNC)  untuk membiaya pengurangan emisi karbon di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. 

“Kami berkomitmen untuk mengurangi emisi karbon global melalui produk dan layanan dan juga melalui kemitraan dengan organisasi seperti TNC,” kata Ketua dan CEO Baker Hughes Lorenzo Simonelli, Minggu.

Baca juga: TNC himpun data bantu KKP buat aturan tangkap kakap dan kerapu

Menurut Simonelli, Indonesia dipilih sebagai penerima hibah ini karena Indonesia memiliki keanekaragaman hayati tertinggi di dunia.

Selama beberapa tahun ini juga, terutama di berbagai tempat di Berau, Kalimantan Timur, YKAN dikenal dengan pekerjaannya mendampingi masyarakat yang tinggal di dalam hutan ataupun di dekat hutan. Sedemikian rupa masyarakat dan YKAN mengembangkan pengetahuan dan praktik mengelola hutan alam secara lestari, tanpa harus merusak dan masyarakat tetap mendapatkan manfaat dan kesejahteraan dari situ.

Baca juga: Dekat ibu kota baru, TNC sarankan kajian wisata berkelanjutan Derawan

Diketahui hutan adalah penyerap dan penyimpan emisi karbon. Bila hutan dirusak dengan menebang pohon-pohonnya, maka emisi karbon yang disimpan hutan pun dilepas ke udara. Diketahui pula emisi karbon atau juga gas rumah kaca, menjadi satu faktor penyebab perubahan iklim, pemanasan global, hingga lubang di lapisan ozone.

Emisi karbon selama ini juga diproduksi oleh banyak kegiatan manusia. Gas buang dari kendaraan bermotor sampai kebakaran hutan adalah penyumbang gas karbon dioksidan dan karbon monoksida ke udara yang menjadi perusak lapisan ozon dan biang pemanasan global.

Baca juga: TNC Indonesia gandeng swasta perbaiki usaha perikanan

“Dengan program-program yang kami bantu dengan dana hibah inilah potensi mengurangi jutaan ton gas rumah kaca terbuka,” kata Simonelli.

“Kami sangat berterima kasih atas dukungan berkesinambungan dari Baker Hughes ini,” kata Regional Managing Director TNC Wilayah Asia Pasifik William McGoldrick.

Pewarta: Novi Abdi
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020



Source link

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *