by

30 pemandu wisata paralayang Ende dikukuhkan dukung pariwisata

Berita dikutip dari :

Ende (ANTARA) – Sebanyak 30 pemandu wisata paralayang kabupaten Ende, dikukuhkan menjadi penerbang dalam rangka mendukung potensi wisata dirgantara di kabupaten itu setelah menjalani pelatihan sejak 21 November hingga 9 Desember.

Bupati Ende Ahmad Jafar kepada wartawan di Ende mengatakan bahwa dengan dikukuhkan 30 penerbang itu maka kini kabupaten tersebut sudah memiliki atlet paralayang yang tentu saja akan mewakili NTT diajang nasional.

“Sebenarnya ini tidak hanya untuk mengembangkan olahraga paralayang di daerah ini, tetapi ke depannya ini menjadi salah satu destinasi wisata untuk menarik wisatawan ke daerah ini,” katanya.

Ia mengatakan 30 anak yang baru dikukuhkan sebagai penerbang paralayang itu baru berada pada tahap pertama, yang mana artinya mereka belum boleh menerapkan terbang tandang atau terbang dengan membawa wisatawan.

Oleh karena itu ke depannya 30 anak yang berusia mulai dari 12 tahun hingga 24 tahun itu akan kembali menjalani latihan selanjutnya untuk menjadi penerbang untuk tahap kedua.

Baca juga: FASI buat terobosan lomba paralayang virtual pertama di dunia

Sambil menunggu agar 30 anak itu bisa menjadi penerbang handal untuk tandang maka, di tahun 2021 mendatang Pemda Kabupaten Ende sudah menyiapkan agar terbang paralayang akan menjadi even tahunan untuk menarik wisatawan.

“Ya kita sedang mempersiapkannya. Ini akan menjadi salah satu agenda tahunan setelah sebelumnya ada juga agenda tahunan yang lain yakni Parade Nusantara setiap bulan Juni, kemudian festival Danau Kelimutu,” tambah dia

Lebih lanjut kata dia, keberadaan terbang paralayang di kabupaten Ende ini juga akan menambah deretan potensi pariwisata di daerah itu, setelah sebelumnya ada wisata alam Danau Kelimutu, wisata sejarah situs Bung Karno kemudian juga wisata budaya dan adat adalah rumah adat.

Iapun berharap agar semakin banyak potensi pariwisata dapat mendongkrak potensi wisata di kabupaten Ende setelah selama beberapa bulan terakhir lesu karena dampak COVID-19.

Iapun berharap agar mulai dari dinas Pariwisata dan dinas Pendidikan di kabupaten itu dapat berkolaborasi terus menerus meningkatkan minat pelajar untui mencintai olahraga itu setelah sebelumnya diangkatan pertama yang baru dikukuhkan tersebut terdapat pelajar.

Ia juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada TNI AU yang mendukung penuh program itu untuk dikembangkan di kabupaten Ende. Dan untuk even tahunan pada September 2021 nanti ia akan meminta bantuan dari KASAU untuk membuka even tahunan tersebut.***1***

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA 2020



Source link

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed