by

2 Hari Belum Ketemu, Ini Analisa Medan Pencarian KRI Nanggala-402

Berita dikutip dari:

JawaPos.com – Pencarian kapal selam KRI Nanggala-402 belum juga membuahkan hasil. Kapal tersebut sudah hilang hampir 2 hari setelah kontak terakhir terjadi di Laut Utara Bali.

Pakar Oseanografi Institut Pertanian Bogor (IPB) Agus Saleh Atmadipoera mengatakan, medan pencarian di sekitar Laut Bali sebetulnya tidak terlalu menghambat proses pencarian. Karena, saat ini masuk periode peralihan musim dari musim barat ke musim timur. Artinya kondisi arus permukaan relatif lemah.

“Kondisi oseanografi saat ini cukup mendukung karena angin muson dan arus laut relatif lemah di periode peralihan monsun ini,” kata Agus saat dihubungi JawaPos.com, Kamis (22/4).

Agus menuturkan, di sisi timur Laut Bali, arus kuat kearah barat daya dari Arlindo. Artinya, ramah lingkungan KRI Nanggala-402 bergeser (drifting) di dekat permukaan maka cenderung tergeser kearah barat daya atau menuju pantai utara Bali.

Menurut Agus, fenomena oseanografi penting di utara Laut Bali atau sekitar Kepulauan Kangean adalah adanya propagasi gelombang pasang surut internal ke arah utara pada kedalaman 100-300 meter dari Selat Lombok. Internal gelombang tinggi ini bisa mencapai 100 meter.

“Mudah-mudahan gelombang internal ini tidak …

.
Berita lengkap klik
SOURCE LINK

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *