by

10 Pertanyaan Ingin Kalian Ajukan Pada Grandmaster Catur Perempuan

Dikutip dari :

Elena Sedina grandmaster catur Italia mirip tokoh miniseri The Queen's Gambit

Grandmaster catur perempuan Elena Sedina dari Italia.

Artikel ini pertama kali tayang di VICE Italy.

Sebagian orang bermain catur untuk mengisi waktu luang, sedangkan yang lainnya mulai tertarik sama catur setelah menonton mini seri Netflix The Queen’s Gambit.

Elena Sedina adalah pemain catur Italia yang lahir di Ukraina. Dia menyandang gelar Master Internasional dan Grandmaster Perempuan setelah memenangkan kejuaraan catur putri di Italia dan Swiss pada 2019.

Kami bertanya kepada Elena apa yang harus kita lakukan untuk menjadi sehebat dirinya, dan mencari tahu apakah masih ada kemungkinan untuk kita menyeriusi permainan catur meski usia sudah tidak belia lagi.

VICE: Benarkah kita harus mulai dari usia muda supaya jago bermain catur?
Elena:
Saya baru tujuh tahun ketika ikut klub catur di Kiev, negara asalku, bersama adik perempuan. Dia bahkan masih lima tahun saat itu. Ayah dulu merupakan salah satu pemain nasional terbaik, sehingga ayah membujuk kami untuk mengikuti jejaknya.

Saya berlatih bersama 40 anak-anak tiga kali seminggu selama beberapa tahun. Setiap hari Minggu pasti ada perlombaan yang harus kami ikuti. Saya semakin sering memenangkan turnamen ketika saya sudah sembilan tahun. Pelatih menyadari bakatku, dan sejak itu saya dibimbing untuk menjadi pecatur profesional.

Kebanyakan pecatur hebat yang saya kenal bermain sejak belia. Juara catur dunia Magnus Carlsen, misalnya, mulai bermain catur saat berusia 8. Itu pun dia mengaku sudah telat.

Seberapa sering kamu berlatih?
Saya menghabiskan sebagian besar waktu untuk berlatih. Catur adalah olahraga individu, sehingga kami harus melatih diri sendiri untuk menghafal taktik dan gerakan.

Sekarang saya mengajar main catur jadi jarang latihan, tapi saya masih menjalin kontak dengan teman latihan. Kami menyempatkan waktu untuk bersaing secara langsung maupun online. Saya juga berlatih dengan tim nasional Italia.

Apa pendapatmu tentang penggambaran catur dalam film dan serial TV?
Banyak yang bilang The Queen’s Gambit bagus, tapi saya belum nonton. Orang sering menganggap para pecatur yang menghabiskan pagi dan malamnya bermain catur aneh atau sudah gila. Padahal, bermain catur tidak ada hubungannya dengan gangguan kejiwaan. Pemain catur hanyalah orang-orang biasa yang memiliki semangat tinggi.

Kamu pasti juga sering mendengar istilah “psikologi catur”. Boleh dijelaskan apa maksudnya?
Permainan catur bisa berlangsung lama, bisa sampai seminggu atau bahkan hingga 10 hari. Ada banyak ketegangan yang terjadi selama bermain sehingga kalian harus cerdas mengendalikan emosi.

Mengontrol emosi inilah yang tidak mudah. Di babak sistem gugur Piala Dunia 2008, saya kalah dalam pertandingan pertama karena tidak mampu melakukan itu. Saya akhirnya bisa lolos karena mengingat-ingat pesan suami saya: “Berpikir layaknya pemain sumo.” Saat bermain catur, kalian harus berpikir dengan gerakan, bukan dengan perasaan.

Apa gunanya pengatur waktu pada jam?
Supaya pertandingannya tidak memakan waktu berhari-hari. Pertandingan dalam turnamen resmi dewasa ini, seperti Olimpiade dan kompetisi Eropa, rata-rata berlangsung selama empat jam.

Kapan waktu terbaik mengikuti aturan yang sudah ada, dan kapan sebaiknya kamu berimprovisasi?
Untuk gerakan pembuka, kalian bisa belajar dari internet dan menghafalkannya dengan rajin latihan. Gerakan-gerakan ini bagus, tapi mudah ditebak.

Sejumlah pecatur hebat biasanya akan “berimprovisasi” selama pertandingan “standar”, yang berlangsung selama 15 menit atau lebih. Contoh gerakannya, mereka akan memindahkan pion ke samping pada gerakan ketiga. Ini jarang dilakukan.

Yang terpenting adalah melindungi Raja, sehingga kalian bebas mengorbankan sisanya. Kalian bisa mengorbankan bidak untuk menciptakan posisi yang tidak dapat diprediksi, mengambil bidak lawan sebanyak mungkin atau memajukan pion. Kalian bahkan bisa saja mengorbankan Ratu, tapi sebaiknya jangan di awal-awal permainan.

Kenapa orang Rusia jago main catur?
Catur masih menjadi olahraga terpopuler ketiga di Rusia setelah sepakbola dan hoki es. Saya sekolah di Soviet. Di sana, catur adalah bagian besar dari budaya dan pemainnya sangat dihormati.

Saya masih ingat dulu penumpang kendaraan umum sering ngobrolin permainan ini ketika Karpov dan Kasparov berduel tanpa ada habisnya. Catur juga memiliki aspek politik. Kami [orang Soviet] harus lebih jago daripada orang Amerika.

Berapa besar penghasilan pecatur?
Menurut yang saya baca, Magnus Carlsen memperoleh sekitar €300.000 (Rp5,1 miliar) belum termasuk sponsornya. Tapi angka ini hanya berlaku untuk 15 pemain teratas. Sisanya menerima angka yang lebih kecil tergantung tingkatannya. 

Hadiah kejuaraan nasional juga tergantung negaranya. Tahun lalu, hadiah utama kejuaraan Italia yaitu sebesar €5.000 (Rp85 juta), sementara pemenang kejuaraan putri mendapatkan €1.500 (Rp25 juta). Sebagai perbandingan, kejuaraan AS baru saja berakhir dan peringkat terbawah di sana menerima uang tunai yang setara dengan pemenang kejuaraan Italia.

 Ketidaksetaraan gender juga belum bisa lepas dari dunia catur di AS. Juara pertama putra memperoleh €33.000 (Rp566 juta), sedangkan juara putri hanya menerima €20.000 (Rp343 juta).

Berarti dunia catur masih seksis, dong?
Sayangnya iya, belum banyak perempuan yang menjadi pecatur profesional. Jumlah pecatur perempuan tak sampai 10 persen dari keseluruhan pemain. Saya menduduki peringkat lima teratas di Italia, tapi tidak pernah terpilih mengikuti tim nasional [yang sebenarnya gabungan]. Saya cuma bisa bergabung dengan tim nasional perempuan. Tidak gampang mematahkan stereotip yang ada.

Sebagai pecatur yang memiliki gelar PhD, apa saranmu untuk para pemula yang ingin menyeriusi dunia  ini?
Kalian bisa mengikuti kursus dan turnamen catur online di situs-situs seperti Chess.com atau Chess24.com.


10 Pertanyaan Penting adalah kolom VICE Indonesia yang mengajak pembaca mendalami wawancara bersama sosok/profesi jarang disorot, padahal sepak terjangnya bikin penasaran. Baca juga wawancara dalam format serupa dengan topik dan narasumber berbeda di tautan berikut:

10 Pertanyaan yang Selalu Ingin Kamu Sampaikan Pada Polisi Pembakar Narkoba

10 Pertanyaan Ingin Kalian Ajukan Pada Pengacara Teroris

10 Pertanyaan Bikin Penasaran yang Ingin Kalian Sampaikan Pada Ahli Kung Fu di Jakarta



Source link

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed